LSM Sekata dan Barakuda Laksanakan Bimbingan Pendamping Penerima Homecare

LSM Sekata dan Barakuda Laksanakan Bimbingan Pendamping Penerima Homecare

28/11/2018 0 By Redaktur 2
PANDAN | Dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam hal penaluran bantuan Lansia Homecare di Kabupaten Tapanuli Tengah, Lembaga Sosial Masyarakat Sekata dan Barakuda melaksanakan bimbingan kepada pendamping, Rabu (28/11) di kantor LSM Sekata Tapteng, Jalan Oswald Siahaan No 27 Pandan.
Bimbingan Teknis ini diberikan oleh Samahati Lase ketua LSM Sekata Tapteng. Dia menambahkan bahwa yang mengikuti bimtek ada sekitar 21 orang terdiri dari LSM Sekata 11 orang, LSM Barakuda 10 orang.
Samahati menjelaskan bahwa bentuk pelayanan Pendampingan dan Perawatan lanjut usia di rumah (Home care) adalah sebagai wujud perhatian terhadap lanjut usia dengan mengutamakan peran masyarakat berbasis keluarga. Pelayanan lanjut usia di rumah (home care) sangat membantu lanjut usia yang mempunyai hambatan fisik, mental dan sosial, termasuk memberikan dukungan dan pelayanan untuk hidup mandiri, sehingga mengurangi beban baik dari anggota keluarga, teman, kerabat maupun tetangga yang membantu memenuhi kebutuhan lanjut usia.
“Home care bagi lansia merupakan salah satu unsur pelayanan kesehatan secara luas yang ditujukan untuk kesehatan perorangan atau kesehatan keluarga di tempat tinggal mereka untuk tujuan promoti, rehabilitati, kurati,  asesmen dan mempertahankan kemampuan individu untuk mandiri secara optimal selama mungkin. Sedikitnya terdapat empat kelompok  penderita yang dapat secara efektif dan efisien dilakukannya home care yaitu penyakit kronik multisistem, kondisi terminal pada keganasan, kondisi kronik pada lansia dan demensia. Tentunya potensi potensi setempat perlu dilibatkan seperti pihak keluarga, masyarakat, dokter keluarga, perawat keluarga, asuransi kesehatan, dan yayasan atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan untuk diajak menjalin kerjasama dalam  berbagai beban seefektif mungkin,” katanya.

Samahati Lase saat memberikan bimtek kepada pendamping penerima bantuan Homecare lansia

 
Samahati juga menambahkan bahwa perawatan kesehatan dirumah (home care) diberikan kepada individu dan keluarga baik keluarga dengan lansia di rumah tinggal mereka yang melibatkan berbagai disiplin ilmu atau profesi dalam suatu tim kesehatan untuk melakukan perawatan kesehatan di rumah dengan tujuan untuk memberikan kondisi yang sehat secara optimal dan terbebasnya klien dari penyakit yang diderita. (Petrus Gulo)