Walikota Padangsidimpuan Resmikan MIS Nurul Ikhlas Kampung Sawah

Walikota Padangsidimpuan Resmikan MIS Nurul Ikhlas Kampung Sawah

28/11/2018 0 By Redaktur 3

PADANGSIDIMPUAN | Walikota Padangsidimpuan meresmikan MIS Nurul Ikhlas Kampung Sawah Lingkungan III, Kelurahan Padangmatinggi, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Minggu (25/11).

Peresmian madrasah dari hasil swadaya masyarakat dan bantuan donatur tersebut oleh Walikota diwakili Asisten III, Dilham Lubis. Rangkaian acara juga sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/Tahun 2018.

Alim ulama Lingkungan III Kelurahan Padangmatinggi, Miswan mewakili alim ulama dan tokoh masyarakat setempat menyampaikan, pengerjaan pembangunan MIS Nurul Ikhlas dimulai Februari 2018.

“Tanggal 25 November ini dapat kita saksikan hasilnya, walaupun belum sesuai dengan harapan kita,” ucap Miswan.

Pembangunan madrasah dengan tiga ruang belajar sesuai dengan dana yang terkumpul, dikutip dari keikhlasan masyarakat Lingkungan III dengan total Rp106.367.000, ditambah sumbangan material dari donatur bernilai sekitar Rp28 juta.

“Inilah buktinya uang yang bapak ibu infaq kan yang dikumpulkan panitia pembangunan. Memang tidak begitu banyak, tapi dengan penghematan-penghematan yang kami lakukan, insya Allah uang sebanyak Rp106 juta ini masih tersisa,” terang Miswan.

Meskipun madrasah tersebut diresmikan, pungkas Miswan, bukan berarti tugas dan tanggungjawab sudah selesai. Karena, masih banyak yang dibutuhkan termasuk untuk mobiler, kantor, toilet dan pemasangan paving block halaman madrasah.

“Tentunya kami tetap berharap keikhlasan masyarakat untuk menyisihkan sedikit rezeki yang diberikan Allah kepada kita,” harapnya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, donatur dan dermawan, yang tulus memberikan infaqnya, memberikan kritik dan saran, sehingga pembangunan madrasah dapat berjalan dengan baik.

“Apa yang telah kita perbuat dan sekecil apapun yang kita perbuat pasti bermanfaat bagi orang banyak,” pungkasnya.

Selain itu, diutarakannya, warga telah menunjukkan kepada anak-anak akan pentingnya kebersamaan dalam membangun fasilitas pendidikan agama tersebut.

“Mudah-mudahan anak-anak kita kelak adalah anak-anak yang bisa kita banggakan, berguna bagi agama, nusa dan bangsa dan bermanfaat bagi orang banyak,” harapnya.

Lurah Padangmatinggi, Elinar Siregar SSos dalam sambutannya menyampaikan wujud syukur apa yang di idam-idamkan masyarakat selama ini telah terwujud, meski masih banyak kekurangan.

Lurah berharap, madrasah tersebut menjadi tempat untuk mendidik anak-anak yang bertauhid, berakhlakul karimah yang baik, membanggakan masyarakat.

Kemudian, tuturnya, melalui peringatan maulid tersebut semakin meningkatkan iman dan takwa masyarakat kepada Allah SWT, serta kecintaan kepada Rasulullah.

Asisten III, Dilham Lubis mewakili Walikota dalam sambutannya berharap, dengan diresmikannya madrasah tersebut, dapat mencetak generasi penerus yang berakhlak mulia, dan dapat meraih kesuksesan dimasa mendatang.

Sementara harapan masyarakat kiranya Pemko Padangsidimpuan dapat membantu penyelesaian madrasah tersebut, Dilham meminta Lurah untuk membantu segala sesuatunya dalam proses pengusulannya.

“Sesuai regulasi aturan yang dibuat pemerintah, untuk mendapatkan bantuan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Karena, pengajuannya tidak seperti dulu lagi, harus melalui Musrenbang dan tercantum dalam e-Planning,” terang Dilham.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat dan Lurah untuk mengajukannya dalam Musrenbang yang digelar 2019 mendatang.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat bahwa dengan semangat kebersamaan, telah turut membantu pemerintah dalam meningkatkan pendidikan generasi penerus khususnya pendidikan agama di daerah tersebut.

Sisi lain, dalam memperingati maulid tersebut, ia mengajak masyarakat untuk kembali meningkatkan ketauladanan Rasulullah dalam kehidupan masing-masing.

“Mengembalikan kita kepada sunnah Rasulullah dalam menjalankan kehidupan kita sehari-harinya,” harapnya.

Melalui peringatan maulid tersebut, Dilham juga mengajak masyarakat untuk semakin meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, semakin menguatkan hubungan batin dan silaturahim sesama ummat Muslim.

Hadir pada acara tersebut Kepling III Kelurahan Padangmatinggi, Nasruddin Ritonga, tokoh masyarakat seperti H. Asroi Nasution, tokoh agama, tokoh adat, NNB serta undangan lainnya. (Borneo)