Darul Mursyid Unjuk Prestasi di SHSC USU 2018

Darul Mursyid Unjuk Prestasi di SHSC USU 2018

01/12/2018 0 By Redaktur 3

 

TAPSEL | Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) kembali unjuk prestasi di ajang Senior High School Competition (SHSC) 2018 yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Sumatera Utara (HIMTI USU), Minggu (26/11) lalu.

Acara yang digelar di Auditorium USU ini mengusung tema “Let’s Compete And Act To Improve Out Capability With Industrial Engineering”.

Dikatakan guru pendamping tim PDM, Evi Maida Siregar, berdasarkan laporan panitia bahwa SHSC ini diikuti sekitar 1.300 peserta yang semuanya adalah siswa/i SMA-sederajat mulai dari kelas X, XI dan XII, dari rumpun ilmu Alam dan Sosial.

Ditambahkan Evi, berdasarkan penjelasan panitia pelaksana bahwa kegiatan bertujuan untuk memperkenalkan Teknik Industri USU kepada siswa/i  SMA-sederajat di wilayah Sumut. Selain itu, meningkatkan kemampuan siswa dalam pengetahuan yang bertaraf olimpiade, menumbuhkan jiwa kompetitif peserta, juga melihat pemerataan kompetensi pembelajaran di SMA.

Diutarakannya, ada tujuh mata pelajaran yang dilombakan, yakni Bahasa Inggris, Ekonomi, Kimia, Biologi, Fisika, Geografi dan Matematika. Soal-soal yang diberikan disusun oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) yang berkompeten dibidang penyusunan soal olimpiade. “Alhamdulillah, ada tujuh orang siswa kami yang meraih prestasi,” ucap Evi, Kamis (29/11).

Ketujuhnya yakni Mukhlas Mahrawi berhasil meraih Emas, Dimas Ferdi dan Raditya Wicaksana meraih Perak di bidang studi Ekonomi. Pada bidang studi Matematika ada M. Ribhi Marbun meraih Emas dan Raja Akbar meraih Perak. Untuk bidang studi Geografi ada Jul Aldiansyah meraih Perak, serta Fatihatun Nikmah meraih Perak di bidang studi Kimia.
Pada kesempatan berbeda, Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA juga menyambut berita prestasi anak didiknya dengan bangga.

Dikatakan pria yang juga menjabat Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM ini bahwa, PDM yang berlokasi di Desa Sidapdap-Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) hingga kini masih terus menyumbangkan prestasi-prestasi sains di berbagai event.

Tentunya hal itu akan mengharumkan nama PDM dan juga orangtua para peserta didik yang telah mempercayakan pendidikan anaknya di PDM.

“Saya bangga dengan perolehan prestasi yang ditorehkan anak didik kami di berbagai event, secara khusus dalam hal ini pada event SHSC,” ucap Jafar. Dimana, pesertanya datang dari berbagai sekolah umum dan unggulan yang ada di Sumut.

“Alhamdulillah anak kami masih mampu bersaing dan meraih prestasi. Terimakasih kami kepada anak didik kami yang terus mengharumkan nama PDM di berbagai event sains, dan tentu orangtua mereka pasti bangga dengan pencapaian yang mereka torehkan,” tutur Jafar. (Borneo)