Rapat Koordinasi KPU Kota Sibolga, Disduk Capil, Bawaslu & Parpol se-Kota Sibolga Dalam Penyelesaian DPTHP-2

Rapat Koordinasi KPU Kota Sibolga, Disduk Capil, Bawaslu & Parpol se-Kota Sibolga Dalam Penyelesaian DPTHP-2

04/12/2018 0 By Redaktur 2
SIBOLGA | Dalam rangka pemantapan data kepemiluan KPU kota Sibolga melaksanakan rapat Kordinasi bersama Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kota Sibolga, dan partai se kota Sibolga dalam rangka penyelesaian Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke dua (DPTHP-2), Selasa (4/12).
Rapat ini dipimpin oleh Plh Ketua KPU Kota Sibolga, Afwan Nasution, ST didampingi komisioner KPU Kota Sibolga Divisi Data Asmar Harahap dan Asa Dame Simanjuntak SH.
Dalam rapat itu, KPU Kota Sibolga menyampaikan, bahwa pihaknya menerima data sebanyak 1852 orang berada pada usia 70 tahun ke atas. Kemudian setelah diverifikasi dan dicoklit ditemukan ternyata 70 diantaranya TMS, yaitu ada yang sudah meninggal, ada yang sudah pindah.
“Jadi yang masih ada yaitu 1782 orang lagi. Dan itupun ada kesalahan dalam pencatatan usia, sebenarnya usia mereka sebagian masih sekitar 50 tahun. Namun mereka maaih tetap terdaftar sebagai pemilih,” kata Asmar Harahap selaku divisi data dan program KPU Kota Sibolga.
Kemudian verifikasi data untuk lapas dari Bawaslu dengan jumlah data 235 hasil verifikasi terdaftar di DPT 167, Belum terdaftar tidak ada, tidak ditemukan 54, Lain lain 10 belum verifikasi 4 orang.
“Jadi kami akan kordinasi dengan LPU Kabupaten Tapanuli Tengah agar mereka ini dipindahkan jadi terdaftar sebagai pemilih di wilayah KPU Tapteng dengan catatan, mereka hanya dapat memilih 4 surat suara,  yakni DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan President sementara dprd Kota Sibolga tidak,” katanya.
Rapat tersebut mendapat tanggapan dari pihak Partai dan berharap KPU bekerja sama dengan Disdukcapil dapat dengan segera mensingkronkan data dan pada pemilu 2019, Kota Sibolga benar benar memperolah data yang valid. (Petrus Gulo)