Warga Selesaikan Pembangunan Perkerasan Sertu dan Pembangunan Bronjong di Desa Pardomuan

Warga Selesaikan Pembangunan Perkerasan Sertu dan Pembangunan Bronjong di Desa Pardomuan

04/12/2018 0 By Redaktur 2
SIRANDORUNG I Warga desa Pardomuan telah berhasil menyelesaikan kegiatan Pembangunan Perkerasan sertu di badan jalan dan Pembangunan Bronjong. Hal ini dijelaskan oleh mantan Kepala desa Anwar Purba kepada wartawan di kediamannya, Selasa (4/12/2018).
Kegiatan  Pembangunan yang ada di desa Pardomuan Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah, tersebut sangat banyak manfaat bagi masyarakat,  dan mengharapkan dukungan dan peran serta warga desanya dalam mensukseskan program dana desa Tahun 2018 yang bersumber dari dana APBN.
“Ini adalah jalan penghubung dari lahan masyarakat yang mereka kerjakan, dan bisa meningkatkan kesejahteraan para warga sekitar yang memiliki lahan pertanian dan perkebunan,” katanya.
Anwar menerangkan, lahan perkebunan dan pertanian warga yang selama ini tidak dapat di jangkau oleh kendaraan roda dua dan roda empat menjadi salah satu kendala petani dalam mengangkut hasil ladang mereka. Dengan akan di bangunnya jalan ini akan semakin memudahkan warga dalam mengangkut hasil pertanian maupun perkebunan warga desa ini nantinya.
Adapun kegiatan yang dikerjakan adalah Pembangunan Perkerasan sertu dengan volume 1740.00 meter, fisik Rp 479.314.400,- , Operasional (OPS) Rp 53.257.000,- . Kemudian Pembangunan Bronjong  dengan Volume 51.00 meter  fisik Rp 153.185.600,-. Operasional Rp 17.020.000,-  di tambah lagi dana untuk BUMDes Rp 172.721.000,- sedangkan untuk kegiatan lainnya seperti kegiatan pelatihan dan pendidikan formal, bimbingan teknis sistem keuangan desa untuk peningkatan.
Pemberdayan Kapasitas Aparatur desa, dan selanjutnya sosialisasi Hukum dalam rangka pemberdayaan masyarakat, kemudian pengadaan sistem informasi, dan pengadaan sarana Komunikasi, kemudian pelayanaan pendidikan dan keagamaan, pelayanan kesehatan kelompok masyarakat lansia, Pelayanan Pendidikan PAUD, serta Bimbingan teknis pembekalan Tim pengelola kegiatan desa, kemudian Pengadaan buku, Peralan belajar dan Permainan anak di Pendidikan anak usia dini. jadi inilah program kegiatan dana desa yang sudah selesai di laksanakan untuk tahun 2018.
Adapun jumlah keseluruhan pagu dana desa mulai dari bidang pembangunan fisik serta kegiatan bidang pemberdayaan adalah Rp 1.081.958.000,-.
Ketua LPM Pittor Sigalingging menjelaskan untuk tahun 2018 mereka melaksanakan pembangunan Perkerasan sertu dan Pembangunan Bronjong yang di tampung dari dana desa sudah selesai dikerjakan.
“Hanya tinggal pengerjaan dana BUMDes yang  masih tahap pengerjaan, yang dikerjakan oleh pengurus baru dan mereka sangat mengapresiasi dalam melaksanakan pembangunan yang ada di desa mereka, masyarakat sepakat agar jalan menuju areal perkebunan warga yang selama ini merupakan kendala dalam mengangkut sejumlah hasil bumi terutama hasil kebun pertanian,” paparnya.
Pembangunan dana desa adalah program pemerintah pusat supaya bermanfaat, salah satu tujuan dana desa adalah meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dan begitu juga Pembangunan bronjong sepanjang 51.00 meter untuk menahan longsor sungai aek sige, yang selama ini setiap musim penghujan kami sangat takut akan banjir dan meluapnya air debit sungai sampai ke rumah warga, katanya. (Petrus Gulo)