Babinsa Koramil 14/Kotanopan Sosialisasikan Stop Berita Hoax Kepada Siswa SMK N 2 Kotanopan

Babinsa Koramil 14/Kotanopan Sosialisasikan Stop Berita Hoax Kepada Siswa SMK N 2 Kotanopan

06/12/2018 0 By Redaktur 3

MADINA | Dalam rangka untuk memberikan wawasan kepada para siswa agar lebih bijak dalam menerima dan menyikapi berita hoax, Babinsa Koramil 14/Kotanopan Sertu Herman melaksanakan komunikasi sosial (komsos) mengenai etika media sosial tentang berita hoax kepada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri (N) 2 Kotanopan di Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Madina, Selasa (4/12/2018).

Pada kesempatan itu, Babinsa Koramil 14/Kotanopan Sertu Herman menjelaskan bahwa media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif. Sayangnya, beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif. Jika hal tersebut dibiarkan, dikhawatirkan akan membahayakan generasi muda.

“Untuk selalu waspada tentang bahaya berita-berita hoax yang sekarang ini banyak terbit di media sosial. Dan jangan terprovokasi dengan adanya berita-berita hoax tersebut yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan lingkungan yang sudah kondusif menjadi tidak kondusif,” terang Herman.

Herman juga menyampaikan untuk selalu mewaspadai berita-berita hoax kepada warga masyarakat, diharapkan warga masyarakat memahami dan mengerti tentang sosialisasi hoax serta tidak menelan berita yang beredar. Kalau ada berita berita yang tidak benar jangan terlalu cepat ditelan, cari tahu kebenaranya terlebih dahulu.

“Hoax tersebut sangat viral, padahal tidak ada hubungannya. Baru hitungan jam saja sudah berubah. Padahal, hal tersebut tidak benar. Berita hoax mempengaruhi masyarakat, diperkirakan sampai 41% orang terpengaruh,” katanya. (Freddy A Pardosi)