Hadirnya Babinsa 04/Tigalingga, Petani Jagung di Desa Huta Tongah Terbantu

Hadirnya Babinsa 04/Tigalingga, Petani Jagung di Desa Huta Tongah Terbantu

12/12/2018 0 By Redaktur 3

DAIRI | Dalam upaya mendukung swasembada pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 04/Tigalingga Serda Jarlen Sinaga memberikan motivasi dan tetap semangat kepada para petani jagung di Desa Huta Tongah, Kecamatan Sinehub, Kabupaten Dairi, Selasa (11/12/2018).

Babinsa  terjun langsung di tengah tengah petani kemudian sambil membantu melakukan perawatan tanaman jagung dengan membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman. Kemudian Babinsa sekaligus memotivasi petani untuk tetap semangat dalam upaya meningkatkan hasil panen.

“Diharapkan dengan perawatan yang maksimal, pengobatan dan pemupukan yang teratur maka tanaman jagung akan tumbuh subur, serta tidak akan mudah diserang oleh hama perusak dan nantinya dapat menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Serda Jarlen Sinaga.

Masih disampaikan Jarlen, hasil panen tanaman jagung meningkat maka dibutuhkan suplay air yang cukup pada masa pertumbuhan dan perkembangbiakan. Untuk mengantisipasi kekurangan air pada tanaman jagung maka disiasati dengan pompanisasi dengan memanfaatkan sumur bor yang sudah tersedia di sekitar  sawah atau ladang.

“Selain pengairan lahan di lokasi tersebut, sebelumnya dilakukan pemupukan menggunakan jenis pupuk urea dan phonska,” terang Jarlen Sinaga. (Freddy A Pardosi)