Dandim 206/Dairi Tinjau Penanganan Banjir Bandang

Dandim 206/Dairi Tinjau Penanganan Banjir Bandang

21/12/2018 0 By Redaktur 3

DAIRI | Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto langsung terjun ke lokasi untuk melihat langsung perkembangan penanganan Tim PRCPB Dairi pada musibah banjir bandang di Desa Bongkaras dan Desa Longkotan, Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi, Selasa (18/12/2018) sekitar pukul 17.00 WIB.

Longsoran yang menimpa 1 (satu) unit rumah penduduk, 1 (satu) unit tempat pembuatan tahu dan persawahan masyarakat seluas 50 ha dan kerugian materi 1 unit mobil (sudah diketemukan) dan 6 unit roda dua, 5 unit sudah diketemukan dan 1 unit lagi dalam  pencarian.

Informasi yang diperoleh, dari 8 (delapan) orang yang  hilang, sudah ditemukan 3 (tiga) orang dan 1 (satu) orang dalam keadaan selamat atas nama Nesprin Hasugian (35), pekerjaan tani, warga desa Bongkaras.

2 (dua) orang yang meninggal dunia atas nama Bariun Sitorus (33), pekerjaan petani, warga Desa Longkotan. Bariun Sitorus ditemukan di bantaran sungai Lae Soraya Kampung Sigrun Subulusalam Aceh. Elfrida br Sinaga (45), pekerjaan petani, warga Desa Bongkaras, jenazah ditemukan di dalam timbunan kayu sungai Bongkaras.

5 (lima) orang korban longsoran belum ditemukan dari desa Bongkaras, Kecamatan Silima Pungga-pungga atas nama Jaluddin Boang Manalu (75), petani, Kino Tumanggor (33), Walbiner Simarmata (42) petani, Lina br Padang (33) petani dan Nadia Hasugian (3).

Tim PRCPB yang diturunkan berasal dari personil Kodim 0206/Dairi sebanyak 16 orang, personil Koramil 03/Parongil sebanyak 25 orang, personil BPBD Kabupaten Dairi sebanyak 10 orang, personil Polres Dairi sebanyak 15 orang, Personil Polsek Parongil sebanyak 15 orang. Personil Basarnas sebanyak 10 orang dan Masyarakat Desa Bongkaras serta Desa Longkotan lebih kurang sebanyak 250 orang.

Untuk peralatan dari Pemda Dairi yang digunakan yakni alat berat Escavator sebanyak 1 (satu) unit dan Buldozer sebanyak 1 (satu) unit, mobil ambulance sebanyak 1 (satu) unit, mobil Damkar untuk distribusi air bersih sebanyak  1 (satu) unit dan alat penggali lainnya  berupa cangkul dan sekop.

Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto mengatakan bahwa untuk Danramil 03/Parongil sebagai koordinor dilapangan untuk memimpin  tim PRCPB Dairi. Dan untuk  pencarian korban dan materil yang hilang akan berkoordinasi dengan Muspika dan Kepala BPBD Kabupaten Dairi.

“Saya juga memerintahkan para Babinsa untuk monitor perkembangan situasi di lokasi kejadian,”  Kata Hadi Purwanto. (Freddy A Pardosi)