Dinas Pendidikan Sebut Program KB Bertentangan Dengan PAUD

Dinas Pendidikan Sebut Program KB Bertentangan Dengan PAUD

21/12/2018 0 By Redaktur 1

TAPTENG | Dinas Pendidikan Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Siti Alam Siregar selaku seketaris Dinas Pendidikan Pemkab Tapteng, menyebutkan bahwa program Keluarga Berencana (KB) sangat bertentangan dengan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Hal itu disampaikan oleh Siti ketika dikonfirmasi RAKYAT diruang kerjanya, Kamis (20/12). Menurutnya, program KB bermotto ‘Dua Anak Lebih Baik’ sedangkan PAUD berharap setiap tahunnya peserta didik meningkat.

Siti mengakui, peserta didik PAUD tentu akan berkurang, dengan banyaknya ibu – ibu menggunakan KB. Sebab, lanjutnya, PAUD akan mendapatkan peserta didik yang lumayan besar jika para Ibu tidak menggunakan KB.

“Berlawanannya sebenarnya PAUD ini sama KB. Karena program KB menentukan dua anak, sementara PAUD menginginkan anak – anak banyak. Supaya ada ditampung di PAUD. Karena PAUD bisa saja berkurang, karena orang menggunakan KB.  Karena PAUD itu hidup didaerah subur,” sebut Siti di ruang kerjanya.

Sambung Seketaris Dinas Pendidikan Pemkab Tapteng, bahwa dirinya merasa lucu ketika membanding – bandingkan antara program dua intansi pemerintahan tersebut. Bahkan ia menyakini, Paud akan bertahan selama dua tahun jika Ibu – ibu menggunakan KB.

“Peserta PAUD, bisa berkurang. Makanya kita lucu terkadang. Program KB sama program Dinas Pendidikan. Kalaupun ada PAUD hidup, hanya 2 Tahun, sudah kuat kali itu,” tandasnya.  (Bambang EF Lubis)