KPU Tapteng Resmikan Rumah Pintar Pemilu

KPU Tapteng Resmikan Rumah Pintar Pemilu

28/12/2018 0 By Redaktur 3

TAPTENG | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), meresmikan rumah pintar Pemilu, yang berlangsung di Kantor KPU Tapteng, Jalan Marison, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapteng, Kamis (27/12/2018).

Peresmian ini turut dihadiri Perwakilan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tapteng. Puluhan Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah (STITM) Sibolga, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Wasliyah Sibolga-Tapteng dan Akademik Keperawatan (AKPER) Pemerintah Kabupaten Tapteng.

Ketua KPU Tapteng, Timbul Panggabean dalam sambutannya, memperkenalkan rumah pintar pemilu dan dapat dimanfaatkan semua pihak. Terutama bagi pemilih pemula, baik itu mahasiswa dan juga siswa yang ingin mengenal latar belakang calon legislatif atau Calon Presiden.

“Rumah pintar pemilu yang dimaksud seperti perpustakaan. Rumah pintar atau perpustakaan ini, diharapkan dapat dimanfaatkan semua pihak. Khususnya teman-teman pemilih pemula, mahasiswa dan juga siswa. Apabila ingin mengetahui tentang kepemiluan. Maka datanglah kerumah pintar pemilu. Di sini akan banyak didapatkan informasi. Kita juga menyediakan fasilitas,” terang Timbul.

Masih disampaikan Timbul, tujuan rumah pintar pemilu dibuat, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat arti kepemiluan. Dimana, Ketua KPU Tapteng menjelaskan, manfaat dari Pemilihan tersebut berkaitan langsung dengan masyarakat.

“Mengapa ini penting, karena masyarakat terutama pemilih pemula, harus paham apa itu pemilu. Karena pemilu itu kelihatan sederhana, seperti tidak ada manfaatnya bagi kita. Sesungguhnya pemilu itu sangat berkaitan erat dengan kita,” beber Timbul dihadapan para tamu undangan.

Sambung Timbul, semua pemilihan itu seluruh kontestasi electoral pemilihan adalah untuk memilih pemimpin yang akan mengisi jabatan-jabatan stuktural di negara.

“Kita memilih Presiden dan Wakil Presiden. Pemilihan legislatif, kita memilih DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD. Mereka inilah yang memiliki kewenangan dari negara yang diberikan konstitusi kewenangan untuk menjalankan otoritas dan mandat Negara. Baik dari segi anggaran, mensejahterakan masyarakat, dari berbagai segi. Terutama bagi kehidupan mahasiswa yang sedang tugas belajaran,” ucap Ketua KPU Tapteng.

Ia juga menyampaikan, di rumah pintar pemilu itu semua disajikan. Mulai dari pengenalan calon legislatif di 16 Partai Politik di empat daerah pemilihan. Dan mengetahui diri sendiri terdaftar sebagai peserta pemilih atau tidak. Dengan adanya rumah pintar pemilu, pemilih dapat mengenal calon lebih akurat melalui program Siop (Sistim Informasi Pencalon).

“Silahkan datang kerumah pintar. Ingin lebih jauh mengenal calon, baik itu trek record mereka, siapa mereka, siapa latar belakang mereka dan bagaimana latar pendidikannya, bisa dilihat melalui program Siop, semua data – data sicalon tersebut ada disini. Demikian juga pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, dapat dilihat disini,” tandasnya. (Bambang EF Lubis)