Darul Mursyid Raih 200 Prestasi Olimpiade Sains Bergengsi Selama 2018

Darul Mursyid Raih 200 Prestasi Olimpiade Sains Bergengsi Selama 2018

31/12/2018 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Selama tahun 2018, Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) berhasil mengumpulkan sebanyak 200 prestasi sains di berbagai ajang olimpiade sains.

“Prestasi tersebut didapatkan dengan kerja keras dan tekad yang kuat untuk menjadi yang terdepan dalam pencapaian prestasi sains,” ucap Kepala Divisi Humas dan Pemasaran PDM, Asep Safa’at Siregar, Kamis (27/12/2018) lalu.

Masih disampaikan Asep, pencapaian prestasi PDM di berbagai ajang olimpiade sains yang diikuti bukan hanya di jajaran Kementerian Agama yang nota bene pesantren dan madrasah saja, tapi juga dibawah naungan Kementerian Pendidikan. Artinya, PDM keluar dari “sarang” untuk bertanding dengan sekolah umum terbaik yang ikut dalam event olimpiade sains.

“Alhamdulillah, prestasi PDM sepanjang tahun 2018 cukup menggembirakan dengan mengumpulkan sebanyak 200 prestasi sains di berbagai event olimpiade sains yang bergengsi,” terang Asep.

Prestasi tersebut yakni untuk tingkat Kabupaten sebanyak 30, tingkat Provinsi sebanyak 162 dan untuk tingkat Nasional ada 8.

“Di tingkat Nasional sebenarnya masih ada yang lolos namun belum meraih medali. Tapi, untuk lolos ke tingkat Nasional itu sudah sebuah prestasi yang tidak mudah dan patut di apresiasi,” pungkasnya.

Diutarakan Asep, PDM sebagai pesantren pelopor yang konsen dibidang sains, telah membuktikan dirinya bisa dan mampu bersaing dengan sekolah umum dan sekolah terbaik lainnya. Meski demikian, pembinaan karakter sebagai calon intelektual muslim yang mandiri juga tetap menjadi perhatian utama PDM. Untuk itu, PDM dibentuk sebagai sekolah pencetak juara sains yang berakhlakul karimah.

“Menghadapi masa depan yang semakin menantang, generasi kita dituntut handal dibidang sains tapi juga mempunyai akhlakul karimah sebagai muslim sejati, itulah cita-cita PDM. Maka, selain pembinaan kejuaraan sains, PDM juga berupaya keras bagaimana agar anak didik kami semakin berprestasi semakin taat,” tegasnya.

Dikatakan Asep, memang butuh proses, namun PDM tetap memohon do’a semuanya agar PDM yang menjadi wakil pesantren semakin berprestasi dibidang sains, yang selama ini dianggap kelemahan bagi kaum santri.

“PDM sendiri telah membuktikannya dengan membukukan prestasi-prestasi bergengsi di semua tingkatan,” tuturnya.

Pada kesempatan berbeda, Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA juga mengungkapkan rasa bangga dan rasa syukurnya atas torehan prestasi yang diraih PDM selama tahun 2018 ini.

“Alhamdulillah, rasa bangga dan penuh syukur kami menutup tahun 2018 ini dengan pencapaian prestasi yang cukup gemilang. Saya berharap para pendidik, pengasuh dan pembina, juga anak didik kami tidak cepat merasa puas dengan hal ini.  Kedepan prestasi yang diraih ini bisa semakin baik dan ditingkatkan. Ayo PDM bisa, kerja keras, kerja cerdas dan kerja yang ikhlas,” pungkas Jafar yang juga Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM ini. (Borneo)