Babinsa Koramil 20/Batahan Sosialisasikan Bahaya Faham Radikal dan Komunisme Kepada Siswa

Babinsa Koramil 20/Batahan Sosialisasikan Bahaya Faham Radikal dan Komunisme Kepada Siswa

06/01/2019 0 By Redaktur 3

MADINA | Dalam rangka untuk mencegah penyebaran faham yang bertentangan dengan Pancasila di wilayah binaan, Babinsa Koramil 20/Batahan Kodim 0212/TS menggelar Sosialisasi Bahaya Faham Radikal dan Komunisme kepada Siswi-siswi Pesantren Nadwa di Desa Air Apa, Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (5/1/2019).

Babinsa Koramil 20/Batahan Serda Ajisman dihadapan para  Siswi-siswi Pesantren Nadwa  menjelaskan bahwa Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara, disebutkan bahwa pertahanan negara bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman. Diantarannya ancaman yang datangnya dari dalam negeri kita sendiri antara lain adalah Bahaya Laten Komunis dan Faham Radikal.

“Kelompok komunis dan kelompok radikal dalam mengembangkan ideologinya melalui cara-cara yang inkonstusional dan ajarannya tidak sesuai dengan Pancasila yang merupakan dasar negara dan ideologi serta pandangan hidup bangsa Indonesia,” jelas Ajisman.

Ia juga menyampaikan, kelompok komunis dan kelompok radikal selalu berupaya menentang kebijakan pemerintah serta menciptakan instabilitas politik dan keamanan

“Perkembangan  bahaya laten komunis yang selalu berusaha merusak ketatanegaraan di Indonesia dan faham radikal yang berupaya memaksakan penggunaan kaidah dan nilai-nilai agama tertentu yang mengganggu solidaritas kerukunan antar umat beragama, persatuan dan kesatuan bangsa. Maka seluruh komponen bangsa perlu senantisa waspada guna menangkal berbagai upaya bangkitnya kembali ajaran komunis maupun berkembangnya faham radikal,” terangnya. (Freddy A Pardosi/rel)