Tingkatkan Produksi, Babinsa Koramil 19/Siais Dampingi Petani Panen Padi

Tingkatkan Produksi, Babinsa Koramil 19/Siais Dampingi Petani Panen Padi

06/01/2019 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Dalam rangka meningkatkan mutu dan produksi panen padi, Babinsa Koramil 19/Siais Kodim 0212/TS Sertu M Yusuf bersama kelompok tani “Gelugur“ melaksanakan Pendampingan kepada petani saat proses panen Padi jenis Mekongga, seluas 0,5 Ha di Kelurahan Simarpinggan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sabtu (5/1/2019).

Babinsa Koramil 19/Siais Sertu M Yusuf menjelaskan, Padi  Mekongga merupakan persilangan antara padi jenis Galur A2970 yang berasal dari Arkansas Amerika Serikat, dengan varietas yang sangat populer di Indonesia yaitu IR 64. Pernah ada empat varietas unggul yang diujicobakan yaitu Cigeulis, Conde dan Cibogo termasuk di dalamnya Mekongga. Hasil produksi yang memperoleh angka paling tinggi yaitu varietas Mekongga sebesar 8,4 ton per hektar.

“Saya tak mengenal lelah walaupun berjibaku dengan lumpur dan gatal-gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini,” ucap Yusuf.

Lebih lanjut M Yusuf menambahkan, guna menyukseskan program swasembada pangan oleh Pemerintah,  para Babinsa selalu terjun ke lapangan dan berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya dibidang pertanian. Ia berharap selepas masa panen nanti lahan-lahan segera di olah lagi sehingga sawah para petani tidak lama menganggur.

“Saat ini intensitas curah hujan cukup tinggi sehingga persediaan air sawah sangat mencukupi untuk tanaman padi, harapan kami dengan pasokan air yang melimpah para petani tidak ragu menanam padi di lahan-lahan petani,” katanya. (Freddy A Pardosi)