Pangdam I/BB Ingatkan Prajurit Tetap Berpegang Teguh Terhadap Netralitas TNI

Pangdam I/BB Ingatkan Prajurit Tetap Berpegang Teguh Terhadap Netralitas TNI

07/01/2019 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Korem 023/Kawal Samudera (KS) melaksanakan upacara bendera di lapangan Makorem 023/KS, Jalan Datuk Itam Nomor 1 Kota Sibolga, Senin (7/1/2018). Peserta upacara terdiri dari seluruh prajurit perwira, bintara, tamtama dan PNS Korem 023/KS, ikut juga para kabalakaju/rem, para kasi Korem dan pasi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasrem 023/Kawal Samudera Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, dan komandan upacara adalah Kapten CPL Simbolon perwira urusan dalam Denpal Sibolga.

Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, saat membacakan amanat Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh prajurit dan PNS atas dedikasi dan semangat pengabdian, karena telah melewati tahun 2018 dengan berbagai prestasi membanggakan dan kinerja yang dinilai baik.

“Tentunya apa yang telah diperbuat anggota sekalian merupakan wujud profesionalisme sebagai dharma bhakti yang terbaik di tengah dinamika perubahan lingkungan yang sedemikian cepat dan sulit diprediksi, sehingga kita juga harus bergerak cepat untuk dapat mengimbangi perubahan tersebut. Harapan saya, prestasi kinerja optimal yang telah kita capai selama tahun 2018, harus dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang,” ucap I Gusti Ketut Artasuyasa.

Pangdam I/BB juga mengakui masih saja ada pelanggaran yang dilakukan oleh oknum prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan. Dilihat dari segi kuantitas memang terdapat penurunan angka pelanggaran, namun jika dilihat dari segi kualitas pelanggaran, khususnya pelanggaran narkoba, terjadi peningkatan yang mengkhawatirkan. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian ekstra, sebagaimana komitmen untuk perang terhadap narkoba.

“Selanjutnya, melalui semangat tahun baru 2019, saya mengajak kepada kita semua untuk menanamkan pondasi kebersamaan dan kebanggaan serta kehormatan, untuk senantiasa menjaga dan mempertahankan nama baik satuan ini dimanapun dan sampai kapanpun,” katanya.

Ia juga mengingatkan bahwa tahun 2019 ini adalah tahun politik bagi bangsa Indonesia dengan dilaksanakannya pemilu, baik pemilu legislatif maupun pemilihan calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia.

“Saya ingatkan kembali kepada seluruh prajurit Kodam I/Bukit Barisan, tetap berpegang teguh terhadap netralitas TNI dan TNI ikut membantu dalam menjamin pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan presiden republik indonesia berjalan aman, damai dan lancar,” ucapnya.

Sambungnya, semua tentu berharap netralitas TNI ini bukan hanya sebatas slogan semata, namun benar-benar diaplikasikan dalam pelaksanaan pemilu 2019 yang akan datang.

“Oleh karena itu, saya perintahkan kepada para komandan satuan tetap memberikan pemahaman dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan netralitas TNI di satuannya, guna mencegah pelanggaran di wilayah Kodam I/Bukit Barisan,” katanya. (Freddy A Pardosi/rel)