KPU Kota Sibolga Lakukan Seleksi Wawancara Bagi Calon Relawan Demokrasi

KPU Kota Sibolga Lakukan Seleksi Wawancara Bagi Calon Relawan Demokrasi

17/01/2019 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga melakukan seleksi wawancara terhadap ratusan calon relawan demokrasi (relasi) di Kantor Sekretariat KPU Kota Sibolga, Jalan S Parman No.55 Kota Sibolga, Rabu (16/1/2019).

Afwan Nasution, Komisioner KPU Kota Sibolga, Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat (parmas) dan SDM, menjelaskan, tahap seleksi wawancara bagi ratusan calon relawan demokrasi pemilu 2019 ini dilaksanakan selama dua hari.

“Kita mulai hari ini, Rabu 16 Januari sampai dengan besok 17 Januari 2019. Artinya ada dua hari tahap seleksi wawancara kita lakukan,” terang Afwan, di Kantor Sekretariat KPU Kota Sibolga, Rabu (16/1/2019).

Sambung Afwan, calon relawan demokrasi yang dibutuhkan KPU Kota Sibolga di pemilu 2019 ini berjumlah 55 orang, namun yang sudah mendaftar mencapai 152 orang.

“Kalau yang sudah mendaftar itu ada berjumlah 152 orang, namun Selasa kemarin yang dinyatakan gugur di seleksi berkas ada 8 orang,” sebutnya.

Afwan juga menyampaikan, bagi calon relawan demokrasi yang lolos seleksi akan diumumkan KPU Kota Sibolga pada 17 Januari 2019, selanjutnya akan mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) tentang kepemiluan.

“Setelah diumumkan hasilnya, kita akan langsung melakukan bimtek kepada para relawan demokrasi ini dengan 11 basis, dengan jumlah keseluruhan relawan demokrasi sebanyak 55 orang,” jelasnya.

Lanjut Afwan, relawan demokrasi yang terpilih akan bertugas mensosialisasikan sejumlah tahapan pemilu, dengan upaya meningkatkan partisipasi pemilih, melalui 11 basis pemilih yakni yakni keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis komunitas demokrasi, dan basis warga internet (warganet).

“Perekrutan relawan demokrasi ini merupakan salah satu upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun 2019,” ujar Afwan Nasution. (Freddy A Pardosi)