Polisi Temukan Sabu-sabu di Dalam Helm Pengendara Septor

Polisi Temukan Sabu-sabu di Dalam Helm Pengendara Septor

17/01/2019 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Satnarkoba Polres Sibolga berhasil meringkus tersangka berinisial GP alias J (33) dalam kasus kepemilikan narkoba jenis sabu-sabu yang ditemukan disimpan di dalam helm saat mengendarai sepeda motor (septor) di Jalan Pintu Angin, Kelurahan Simaremare, Kota Sibolga, Selasa (8/1/2019).

Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Hariandja melalui Kasubag Humas Polres Sibolga Iptu Ramadhan Sormin, Rabu (16/1/2019) menjelaskan bahwa pada Selasa (8/1/2019) sekitar pukul 15.30 WIB, Sat Narkoba mendapatkan informasi bahwa ada masyarakat yang memiliki narkoba dalam perjalanan dari arah Sorkam menuju Sibolga.

“Dan menerima informasi tersebut, Kasat Narkoba AKP E Panjaitan memerintahkan KBO Narkoba Ipda P Sihotang untuk melakukan penyelidikan dan pendalaman atas informasi tersebut. Sekitar pukul 16.30 WIB, melihat ciri-ciri sesuai informasi menggunakan sepeda motor sehingga dihentikan dan dilakukan penggeledahan,” terang Ramdhan Sormin.

Lanjut Ramadhan Sormin, saat dilakukan penggledahan, pada helm yang dipakai ditemukan 1 bungkus sabu-sabu yang terbungkus plastik bening dan ketika ditanyakan darimana diperoleh laki-laki tersebut tidak dapat menjelaskan, sehingga dibawa ke Polres Sibolga kemudian urine ditest, positif mengandung Amphetamine.

“Setelah dilakukan pemeriksaan tersangka mengaku berinisial GP alias J (33), wiraswasta, warga Jalan Jati arah laut, Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga. Tersangka belum pernah dihukum dan belum berumahtangga,” katanya.

Sambung Ramdhan Sormin, kronologisnya adalah pada Selasa (8/1/2019) sekitar pukul 15.30 WIB, tersangka GP alias J menemui seseorang yang identitasnya telah dikantongi, untuk menanyakan penjual sabu-sabu. Selanjutnya teman tersangka menghubungi seseorang dan mengatakan kepada tersangka GP alias J “Pergilah kau ketempat yang kemarin kau beli sabu dan tunggulah di pohon belimbing dan nanti ada yang datang.”

“Kemudian tersangka GP alias J pergi ke rumah temannya untuk meminjam sepeda motor serta berangkat menuju Pargodungan, Kabupaten Tapteng. Tiba di Pargodungan, tersangka menunggu di pohon belimbing (tempat tersebut, tersangka juga pernah menerima sabu-sabu. Dan lebih kurang 10 menit, kemudian datang seseorang yang tidak dikenal dan mengatkan “Kawan yang mau belanja itukan” dan tersangka menjawab “Iya dan pesan 1 jie.” Kemudian orang tersebut menyerahkan 1 bungkus sabu-sabu dan tersangka memberikan uang Rp 1.000.000. Dan kemudian sabu-sabu dibuat di dalam helm dan tersangka kembali ke Sibolga naik sepeda motor,” jelasnya.

Masih dijelaskankan Ramdhan Sormin, ketika tersangka G alias J berada di Pintu Angin, kemudian diberhentikan oleh petugas dan ketika dilakukan penggeledahan pada helm yang dipakai tersangka ditemukan 1 bungkus sabu-sabu yang terbungkus plastik bening. Kemudian ketika diinterogasi, tersangka tidak dapat menjelaskannya, sehingga dibawa ke Polres Sibolga.

“Sabu-sabu yang dibeli tersangka, selain untuk dikonsumsi juga akan dijualkan kepada orang lain. Tersangka membeli sabu-sabu di Pargodungan sebanyak 2 kali dan tersangka tidak mengetahui identitas sipenjual sabu-sabu kepada tersangka dan orang yang membeli sabu-sabu dari tersangka juga tidak diketahui identitasnya,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, pekerjaan ini dilakukan tersangka lebih  kurang 2 tahun. Tersangka mengkonsumsi sabu-sabu terakhir kali, pada Selasa (8/1) sekitar pukul 11.30 WIB di belakang rumah tersangka.

“Tersangka ditahan di RTP Polres Sibolga, diduga melanggar pasal 114 ayat (1), Subsider 112 ayat (1) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. Barang bukti yakni 1 bungkus sabu-sabu yang dibungkus plastik bening dan setelah ditimbang beratnya 1,26 gram, kemudian 1 buah helm warna hitam bertuliskan LTD,” jelasnya. (Freddy A Pardosi/rel)