KPU Kota Sibolga Kukuhkan dan Bimtek 55 Relawan Demokrasi

KPU Kota Sibolga Kukuhkan dan Bimtek 55 Relawan Demokrasi

19/01/2019 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Umum (pemilu) serentak Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga menggelar pengukuhan dan bimbingan teknis (bimtek) terhadap 55 orang relawan demokrasi pada 11 basis, bertempat di Aula Hotel Dainang Kota Sibolga, Sabtu (19/1/2019).

Rangkaian kegiatan pengukuhan dan bimtek diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, penyampaian laporan kegiatan oleh Sekretaris KPU Kota Sibolga Inchawadi Tanjung. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK Ketua KPU Kota Sibolga tentang penetapan dan pengangkatan relawan demokrasi, pengukuhan, penandatanganan berita acara pengukuhan, penyerahan SK dan penyematan ID Card kepada relawan demokrasi oleh seluruh Komisioner KPU Kota Sibolga. Setelah itu dilanjutkan dengan arahan dan bimbingan dari Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid serta dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang kepemiluan dari seluruh Komisioner KPU Kota Sibolga.

Sekretaris KPU Kota Sibolga Inchawadi Tanjung dalam laporannya menyampaikan bahwa adapun dasar pelaksanaan kegiatan adalah Surat Ketua KPU RI No.32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019, tanggal 9 Januari 2019 tentang pembentukan relawan demokrasi pemilu serentak tahun 2019.

“Jumlah peserta kegiatan sebanyak 55 orang, yang terdiri dari 11 basis yakni basis pemilih keluarga, pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis pemilih penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis relawan demokrasi, dan basis warga internet (warganet),” kata Inchwadi Tanjung.

Kemudian, Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa relawan demokrasi harus mensosialisasikan tentang pemilu serentak tahun 2019 di Kota Sibolga pada 11 basis masing-masing yaitu basis pemilih keluarga, pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis pemilih penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis relawan demokrasi, dan basis warga internet (warganet).

“Kami berharap bapak dan ibu para relawan demokrasi, dapat mengikuti bimtek dengan baik sehingga nantinya dapat menjalankan tugasnya mensosialisasikan tentang pemilu serentak tahun 2019, dengan sungguh-sungguh selama 3 bulan sesuai di basisnya masing-masing,” harap Khalid.

Sementara itu, Afwan Nasution (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM) menyampaikan, bahwa nantinya para relawan demokrasi akan dibekali terkait kepemiluan untuk mensosialisasikan pemilu serentak tahun 2019 di Kota Sibolga kepada masyarakat pemilih di basis masing-masing.

“Dengan adanya relawan demokrasi diharapkan akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada pemilu serentak yang akan digelar pada Rabu, 17 April 2019 mendatang,” kata Afwan.

Kegiatan pengukuhan dan bimtek dihadiri oleh Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid dan anggota KPU Kota Sibolga yakni Salmon Tambunan (Divisi Teknis Penyelenggaraan), Asa Dame Simanjuntak (Divisi Hukum dan Pengawasan), Asmar Harahap (Divisi Perencanaan, Data dan Informasi) dan Afwan Nasution (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM), serta Sekretaris KPU Kota Sibolga Inchawadi Tanjung. (Freddy A Pardosi)