Peduli Kebersihan, Danramil 08/Barumun Ajak Santri Bersihkan Makam

Peduli Kebersihan, Danramil 08/Barumun Ajak Santri Bersihkan Makam

19/01/2019 0 By Redaktur 3

PADANG LAWAS | Danramil 08/Barumun Kodim 0212/TS Kapten Inf Fahri Batubara bersama Babinsa dan Babinkamtibmas bersama para Santri Siswa/i Ponpes MAS Al-Anshor Barumun Selatan melaksanakan pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Desa Batang Bulu Lama, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas, Jum’at (18/1/2019).

Kegiatan pembersihan makam tersebut dalam rangka Jum’at bersih dengan membersihkan makam para pendahulu. Sasaran kerja bakti yakni membersihkan semak semak, rumput – rumput dan sampah di sekitar areal pemakaman.

Danramil 08/Barumun Kapten Inf Fahri Batubara, menyampaikan bahwa kegiatan kebersihan ini dilakukan untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat, yang merupakan tanggung jawab seorang aparat teritorial, apalagi menjadi seorang Danramil, Babinsa dan Babinkamtibmas yang selalu berada di wilayah binaannya.

“Kegiatan ini adalah salah satu bukti nyata sekaligus penguatan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kegiatan kerja bakti sebagai implementasi dari Binter Koramil, hal itu sudah menjadi bagian dari Tugas pokok TNI AD khususnya membantu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah,” jelas Fahri.

Fahri juga menyampaikan, kebersamaan dengan para Santri merupakan upaya untuk meningkatkan kepedulian akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga bersama, disamping itu kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong. Demikian juga para Santri yang merupakan generasi muda yang tentunya sebagai generasi muda yang selalu mengamalkan ajaran mulia agama Islam yang senantiasa peduli dengan kebersihan di lingkungan pemakaman.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal, sebagai bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa para pendahulu yang telah meninggal dunia,” harapnya. (Freddy A Pardosi/rel)