Darul Mursyid Dominasi Juara Matematika Olimpiade Sains Antar Pelajar se-Sumut 2019

Darul Mursyid Dominasi Juara Matematika Olimpiade Sains Antar Pelajar se-Sumut 2019

23/01/2019 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Diawal tahun 2019 ini, siswa Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) kembali menorehkan prestasi pada Lomba Olimpiade Sains Antar Pelajar se-Sumatera Utara (Sumut) dalam Pesona Pendidikan ke-8 SMA Swasta Sultan Iskandar Muda, Kamis (17/1/2019) lalu.

“Tiga orang siswa PDM masuk dalam ranking lima besar termasuk Juara 1 khusus bidang studi Matematika,” ucap Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM, Tri Suci Ramadhani, Selasa (22/1/2019).

Adapun siswa yang masuk lima besar khusus bidang studi Matematika, terang Tri Suci, yaitu Juara 1 atas nama Ahmad Rian Syaifullah Ritonga asal MTs Darul Mursyid, Juara 2 atas nama Hendy Sutono asal SMP Sutomo 1 Medan, Azfa Riziq Ritonga Juara 3 asal MTs Darul Mursyid, Juara 4 atas nama Marco Louis R asal SMP Sutomo 1 Medan dan M. Thariq Aulia Juara 5 asal MTs Darul Mursyid. Dari lima orang tersebut ada tiga orang siswa PDM yakni Ahmad Rian Syaifullah Ritonga Juara 1, Azfa Riziq Ritonga Juara 3 dan M. Thariq Aulia Juara 5 untuk tingkat MTs.

“Alhamdulillah, mengawali tahun 2019 ini siswa kami telah menorehkan prestasi yang cukup menggembirakan di event yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) ini,” pungkasnya.

Terpisah, Direktur PDM,  H. Jafar Syahbuddin Ritonga DBA menyambut gembira informasi prestasi yang ditorehkan anak didiknya tersebut.

“Alhamdulillah, saya dapat informasi dari kawan-kawan Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains bahwa ada tiga orang siswa kami di tingkat SMP/MTs yang masuk dalam lima besar bidang studi Matematika pada Lomba Olimpiade Sains Antar Pelajar se-Sumut di Medan kemarin. Menariknya, ternyata event ini diikuti oleh beberapa sekolah unggulan di Medan seperti SMP Sutomo 1 Medan, SMP Methodist dan lainnya,” sebut Jafar.

Disampaikan Jafar kalau tahun 2018 lalu, PDM menorehkan prestasi sebanyak 203 di semua kejuaraan sains.

Dengan demikian, ia berharap di tahun 2019 ini, pencapaian prestasi harus meningkat dan lebih baik lagi.

“Ini menjadi awal yang baik bagi PDM untuk meneruskan tradisi perolehan prestasi sains untuk kedepan. Saya kira pengalaman dan kaderisasi menjadi modal penting bagi PDM. Maka saya yakin kami bisa meraih prestasi yang lebih gemilang. Mohon do’anya,” pungkas Jafar yang juga Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM ini. (Borneo)