Babinsa Koramil 02/Sorkam Dampingi Bumdes Maju Bersama Tebar Benih Bibit Nila

Babinsa Koramil 02/Sorkam Dampingi Bumdes Maju Bersama Tebar Benih Bibit Nila

28/01/2019 0 By Redaktur 3

TAPTENG | Babinsa Koramil 02/Sorkam Kodim 0211/Tapanuli Tengah (TT) Serda Riswan Hutauruk bersama Kepala Desa Muara Nauli dan perangkat Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Maju Bersama melaksanakan kegiatan penaburan bibit ikan Nila sebanyak 1500 ekor di Desa Muara Nauli, Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sabtu (26/1/2019).

Babinsa Koramil 02/Sorkam Kodim 0211/Tapanuli Tengah Serda Riswan Hutauruk mengatakan wilayah desa binannya sangat cocok untuk dibudidaya ikan Nila di berbagai jenis kolam. Dapat menggunakan kolam semen, kolam tanah, kolam terpal, kolam semen, jaring terapung, atau bahkan bisa juga menggunakan tambak air payau.

“Beberapa kolam tersebut sangat mudah dalam pembuatannya. Itu sebabnya kenapa banyak orang yang mengatakan bahwa budidaya ikan nila ini sangat mudah dilakukan,” kata Riswan.

Riswan juga menjelaskan bahwa Ikan nila merupakan jenis ikan yang memiliki sifat perkembangbiakan yang baik. Jadi, dapat dikatakan kalau budidaya ikan Nila ini sangat menguntungkan, karena dapat berkembangbiak dengan mudah. Sehingga  kemungkinan, ikan nila ini sangat banyak dan mudah dalam peranakannya.

“Ikan Nila merupakan ikan yang disukai dari banyak masyarakat dari berbagai kalangan. Sebab selain rasanya lezat juga mengandung omega tiga yang penting bagi kecerdasan otak, Semua orang senang dengan ikan Nila karena rasanya enak dan harganya terjangkau,” tuturnya.

Lanjut Riswan, disamping itu dari segi ekonomis sangat besar permintaan dari masyarakat untuk jenis ikan Nila karena dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. “Diperkirakan enam bulan yang akan datang Ikan Nila tersebut sudah siap panen,“ ucapnya.

Seementara itu, Ketua Bumdes Maju Bersama, Febry Halawa didampingi Kepala Desa Muara Nauli Mayur Rahel Nababan mengucapkan terimakasih kepada Babinsa atas perhatian khusus yang diberikan sehingga menambah semangat untuk membudidayakan Ikan Nila dikaitkan dengan kondisi wilayah memenuhi syarat karena airnya cukup baik dan tidak tercemar bahan-bahan kimia. (Freddy A Pardosi)