Babinsa Koramil 02/Sorkam Bersama Poktan Sidos Panen Padi Gogo Seluas 3,8 Ha

Babinsa Koramil 02/Sorkam Bersama Poktan Sidos Panen Padi Gogo Seluas 3,8 Ha

31/01/2019 0 By Redaktur 3

TAPTENG | Babinsa Koramil 02/Sorkam Kodim 0211/TT Sertu Edi H bekerjasama dengan Kelompok Tani (Poktan) Sidos serta PPL  melaksanakan panen padi Gogo Varietas Inpago 4di wilayah Desa Suga-suga Hutagodang, Kecamatan Pasaribu Tobing, Kabupaten Tapanuli Tengah, Senin (28/1/2019).

Babinsa Koramil 02/Sorkam Sertu Edi H Padi gogo adalah tanaman pertanian yang diusahankan di lahan kering pada di daerah yang bercurah hujan rendah atau pada bagian teratas dari suatu daerah berlereng yang tidak/kurang mampu menampung air relatif lama. Dalam siklus hidupnya, padi gogo yang dikembangkan petani saat ini berumur sekitar empat bulan. Artinya semenjak benih padi gogo ini disemai, kemudian dipanen, masa hidupnya selama empat bulan.

“Panen padi Gogo saat ini dengan menggunakan sistem Pengubinan seluas 3,8 Ha. Panen dan tanam padi lahan kering di Desa Suga-suga Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapteng, Provinsi Sumatera Utara, bertujuan sebagai upaya peningkatan produksi sekaligus inovasi dan teknologi serta dukungan sarana dan prasarana yang ada saat ini,” ucap Edi.

Ia juga menyamapaikan, dengan adanya sistem panen padi pengubinan maka petani padi Gogo di wilayah Kabupaten Tapteng dapat memperkirakan hasil panen selama 1 musim.

”Kami Babinsa, akan terus lakukan pendampingan kepada para petani. Keberhasilan panen para petani merupakan kebanggaan bagi kami. Ini menunjukan bahwa kami Babinsa sudah berhasil dalam pendampingan serta pembinaan kepada para petani,” ujarnya (Freddy A Pardosi/rel)