Batuud Koramil 04/Saipar Dolok Hole Hadiri Rakor Peningkatan Hasil Pertanian

Batuud Koramil 04/Saipar Dolok Hole Hadiri Rakor Peningkatan Hasil Pertanian

31/01/2019 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Batuud Koramil 04/Saipar Dolok Hole Kodim 0212/TS Serma Umar Said didampingi Babinsa Kopda Hendra Pane menghadiri rapat koordinasi (rakor) peningkatan hasil pertanian di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (28/1/2019).

Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan Awaluddin Nasution menyatakan, keberadaan BPP dan para penyuluh harus didukung sarana dan prasarana yang memadai untuk dapat menjalankan fungsinya secara efektif dan efisien.

“Perlu kita ketahui sektor pertanian hingga saat ini tetap memiliki nilai peran penting dan  strategis dalam pembangunan nasional,baik bagi pertumbuhan ekonomi ,peningkatan swasembada pangan maupun pemerataan pembangunan, prioritas pertanian masih terdepan dinegara kita yang notabene masih dalam tahap negara berkembang,” jelas Awaluddin.

Ia juga menyampaikan, BPP sebagai  pelaku utama dan pelaku usaha dalam penyelenggaraan penyuluhan yang diharapkan dapat meningkatkan fungsi penyebarluasan informasi dan teknologi pertanian secara cepat, efektif dan efisien, untuk dapat memfasilitasi akses petani terhadap sumber-sumber permodalan, pasar, dan teknologi pertanian di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sementara itu, Danramil 04/SDH Kodim 0212/TS Kapten Inf Julkarnaen Siregar menyampaikan bahwa penyuluhan pertanian di tingkat kecamatan dan desa perlu dihidupkan dan ditumbuhkembangkan, termasuk memperkuat balai penyuluhan, sebagai pusat data dan informasi pertanian di tingkat kecamatan, sehingga dapat dijadikan pusat pendidikan, pelatihan serta pusat pengembangan kemitraan yang nantinya hasil panen sawah bulan Januari sampai maret ditahun 2019 yang luasnya kurang lebih 644 hektar dapat diketahui hasilnya apakah ada peningkatan dari sebelumnya.

“Oleh karena itu, menjadi salah satu tugas penyuluh petanian untuk menumbuh dan mengembangkan minat petani untuk mau tergabung dalam kelompok tani sehingga kedepannya kelembagaan ekonomi petani dapat meningkat seiring Perubahan zaman dan perkembangan teknologi  menjadi agen perubahan bagi petani,” Julkarnaen. (Freddy A Pardosi/rel)