Tingkatkan Disiplin dan Motivasi Belajar, Babinsa Koramil 14/Kotanopan Berikan Penyuluhan di SMA N 1 Tambangan

Tingkatkan Disiplin dan Motivasi Belajar, Babinsa Koramil 14/Kotanopan Berikan Penyuluhan di SMA N 1 Tambangan

11/02/2019 0 By Redaktur 3

 MADINA | Babinsa Koramil 14/Kotanopan Kodim 0212/TS, Sertu MH Tanjung memberikan penyuluhan kepada para siswa SMA Negeri (N) 1 Tambangan di Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (6/2/2019).

Para siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Tambangan ini, mendapat penyuluhan tentang peningkatan kedisiplinan dan motivasi belajar dengan cara meningkatkan kemampuan guna mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional beberapa bulan kedepan.

Babinsa menyampaikan beberapa hal yang intinya, mengajak kepada para siswa- siswi untuk meningkatkan kualitas disiplin, rajin dan tekun belajar, taat kepada orang tua serta patuh kepada guru.

Babinsa Koramil 14/Kotanopan Sertu MH Tanjung menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan ini bertujuan agar para siswa SMA Negeri 1 Tambangan sudah di tanamkan sikap disiplin baik di sekolah untuk mematuhi aturan-aturan yang ada di sekolah. Maupun kegiatan di luar sekolah seperti saat di rumah sehingga para siswa akan terbiasa disiplin dalam setiap aktifitas kegiatan sehari-hari.

“Kedisiplinan adalah modal kita untuk maju. Tanpa kedisiplinan yang baik dan benar, maka semuanya akan hancur dan berantakan. Kita hidup harus displin dan semuanya dalam hidup ini harus disiplin,” katanya.

Selain itu, Ia menambahkan bahwa kepada para siswa juga disampaikan tentang sopan santun baik terhadap kedua  orang tua maupun terhadap bapak dan ibu guru saat di sekolah.

“Jangan melakukan hal-hal yang bersifat melawan orang tua, berbohong kepada orang tua, malas belajar, dan tingkah laku yang tidak terpuji serta hal-hal lain yang dapat merugikan terhadap diri sendiri maupun orang lain,” pesan Sertu MH Tanjung kepada para siswa.

Lanjutnya, kunci dari sukses adalah disiplin, jika pribadi sudah bisa memahami dan mengamalkannya maka sukses sudah ada di depan mata. Diantaranya pengaturan untuk Ibadah, makan, belajar dan refresing sudah tertata, maka itulah siswa yang cerdas, apalagi pada beberapa bulan kedepan para siswa-i sekalian akan mengikuti Ujian Nasional, untuk itu mari lebih meningkatkan motivasi belajar agar sukses dapat diraih.

Sementara itu, di tempat terpisah, Danramil 14/Kotanopan Kapten Inf Misran Edi Natal menyampaikan, bahwa sebagai aparat teritorial, memiliki tanggung jawab moral terhadap para generasi muda, khususnya para siswa di tingkat SLTA agar memiliki sikap disiplin dan motivasi belajar yang tinggi untuk terus mengasah kemampuan meraih cita-cita.

“Kami melalui para Babinsa akan terus memberikan suatu gerakan atau aktifitas yang sifatnya untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada para generasi muda untuk menjadi manusia yang memeiliki kedisiplinan, karakter dan kemampuan yang baik untuk menghadapi tantangan jaman di masa yang akan datang, di era milenial ini,” terangnya.

Dilain pihak Sri Pujianti S.Pd Wali kelas siswa yang mendapatkan penyuluhan dari Babinsa menjelaskan, bahwa secara umum anak–anak kelas ini semuanya baik. Artinya yang melakukan kegiatan–kegiatan yang kurang terpuji seperti berkelahi, membolos, mencuri tidak ada.

“Tetapi yang agak kurang disiplin memang ada, hal ini kemungkinan disebabkan anak kurang mendapat pengawasan langsung dari orang tua, namun dengan adanya perhatian dari Bapak-bapak Babinsa kami yakin para siswa kami akan termotivasi dan mendapatkan semangat baru untuk merih cita-cita mereka,” katanya. (Freddy A Pardosi/rel)