Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah Beri Pembekalan Bela Negara Kepada Santri  MA Ribothotul Istiqomah

Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah Beri Pembekalan Bela Negara Kepada Santri  MA Ribothotul Istiqomah

13/02/2019 0 By Redaktur 3

PALAS | Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah Kodim 0212/TS Sertu Partahian Hasibuan, memberikan pembekalan bela negara kepada para santri siswa Madrasah Aliyah (MA) Ribothotul Istiqomah, Desa Pasar Huristak, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas, Kamis  (7/2/2019).

Dalam kegiatan ini, Babinsa Koramil 10/Barmun Tengah Sertu Partahian Hasibuan memberikan pembekalan Bela Negara kepada santri siswa Kelas XI MA Ribothotul Istiqomah, tentang semangat dan motivasi untuk belajar lebih maksimal, sehingga kedepannya, para santri siswa tersebut menjadi pemuda pemudi harapan bangsa yang tangguh dan beriman kepada Tuhan YME.

“Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut,” ucap Partahian.

Ia juga memberikan arahan tentang sejarah berdirinya negara ini yang penuh perjuangan pahlawan yang telah berkorban jiwa, raga dan harta benda.

“Jadi jika dibandingkan dengan jaman sekarang yang bisa kita lakukan adalah dengan mengisi kemerdekaan yaitu sebagai seorang siswa yaitu dengan membekali diri pengetahuan dan kemampuan diri serta dengan berbuat demi kebaikan menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Dan jika ingin berperan serta dalam bela negara melalui profesi sebagai prajurit TNI bagi yang berminat bisa mendaftar menjadi TNI setelah lulus nanti,”jelasnya.

Sementara itu, Danramil 10/Barumun Tengah Kapten Inf Absoru menjelaskan bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Peran penting Bela Negara untuk menanamkan  rasa kepedulian kepada para generasi muda khususnya para santri siswa-i untuk lebih mencintai tanah air, sebagai generasi muda tentunya masa depan bangsa ini berada di pundak para generasi muda semuanya,” terang Absoru.

Dijelaskannya, sebelumnya sesuai arahan dari Komando Atas, Komandan Kodim (Dandim) 0212/Tapsel, Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, S.I.P telah memberikan petunjuk kepada para Danramil jajaran untuk memerintahkan Babinsa agar memberikan pembekalan dan pemahaman kepada para generasi muda tentang sejarah dan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pembekalan bagi para generasi muda penerus bangsa bahwa generasi muda yang mengerti dan memahami bagaimana bersikap dalam hal Bela Negara dan pentingnya suatu sikap kecintaan terhadap tanah air.

“Sebagai aparat teritorial, Babinsa merupakan ujung tombak Satuan Teritorial yang berada langsung di tengah masyarakat diharapkan dapat mengurangi Permasalahan pemuda yang sudah dalam taraf darurat Narkoba dan dapat menjadi panutan masyarakat yang ada di wilayah binaannya dengan selalu berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang 1945,” katanya.

Terpisah, Kepala Madrasah Aliyah, Ahmad Riady S.Pd.I menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Koramil 10/Barumun Tengah, Danramil dan Babinsa khususnya yang telah memberikan pembekalan dan pemahaman kepada generasi muda terutama kepada para santri siswa sehingga para siswa dapat memahami tentang bela negara.

“Pendidikan bela negara sangat penting dan sangat bermanfaat kepada para  santri siswa, hal tersebut guna menghindari para siswa untuk tidak terpengaruh terhadap hal-hal yang saat sekarang beredar di media sosial tentang opini-opini yang bisa melemahkan rasa cinta tanah air,” ucap Ahmad Riady. (Freddy A Pardosi/rel)