Babinsa Koramil 14/Kotanopan Bersama Warga Buru Hama Babi Hutan

Babinsa Koramil 14/Kotanopan Bersama Warga Buru Hama Babi Hutan

17/02/2019 0 By Redaktur 3

MADINA | Dalam rangka membantu masyarakat untuk mencegah kerusakan tanaman dari hama Babi Hutan, Babinsa Koramil 14/Kotanopan Kodim 0212/TS Serma Timrol Sijabat dan Kopda Diflaizar bersama warga bergerak berburu dan membasmi Babi Hutan di Desa Aek Marian, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (16/2/2019).

Hama Babi Hutan mulai menyerang tanaman perkebunan bahkan hingga merusak persawahan milik warga Desa Aek Marian, Kecamatan Lembah Sorik Marapi. Beberapa hari terakhir hama Babi Hutan merusak dan memakan hasil perkebunan milik warga.

Sebagai tindak lanjut, para petani dan Serma Timrol Sijabat dan Kopda Diflaizar Babinsa Koramil 14/Kotanopan bergerak melakukan perburuan hama Babi Hutan secara bersama-sama dengan menggunakan peralatan sederhana bahkan di beberapa titik dibuat jerat Babi Hutan.

Perkembangbiakan Babi Hutan yang cukup cepat sangat meresahkan masyarakat khususnya para petani setempat, karena akibat ulah Babi Hutan tanaman masyarakat hancur dan rusak sehingga tidak bisa lagi dijadikan tanaman.

Babinsa Koramil 14/Kotanopan, Serma Timrol Sijabat mengatakan, perburuan hama babi Hutan ini dilaksanakan secara tradisional menggunakan Anjing dan tombak. Selain warga Desa Aek Marian, kegiatan ini juga diikuti warga desa tetangga.

“Walaupun kegiatan ini masih belum maksimal karena dipengaruhi oleh beberapa faktor diantara cuaca, medan maupun kurangnya alat pendukung. Namun semangat para warga masyarakat tetap membara,” ujar Timrol Sijabat.

Timrol Sijabat juga menambahkan, kegiatan berburu ini, selain dapat menjaga kekompakan antar sesama masyarakat juga termasuk olahraga tradisional dan juga dapat mengurangi perkembangan Babi Hutan yang merupakan hama bagi para petani tradisional.

Di tempat terpisah, Danramil 14/Kotanopan Kapten Inf Misran Edi Natal menyampaikan, dalam upaya membantu meringankan kesulitan masyarakat di wilayah Koramil 14/Kotanopan, pihaknya senantiasa selalu akan berkoordinasi dengan instansi terkait dan para tokoh-tokoh setempat untuk selalu bersinergi berupaya memberikan dorongan dan motivasi untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat.

“Kami selaku aparat teritorial, baik Danramil maupun Babinsa di lapangan akan terus berkoordinasi dengan PPL Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan para tokoh yang ada, untuk secara intensif melakukan pendampingan, memberikan dorongan motivasi kepada para petani untuk sama-sama menjaga dan mengembangkan pertanian dan perkebunan di wilayah ini, kami selalu siap kapanpun dan dimanapun jika masyarakat memerlukan tenaga personel, kami akan selalu mendukung,” ungkapnya. (Freddy A Pardosi/rel)