Bupati Nias Buka TMMD ke-104 Kodim 0213/ Nias

Bupati Nias Buka TMMD ke-104 Kodim 0213/ Nias

27/02/2019 0 By Redaktur 3

NIAS | Bupati Nias Sokhiatulo Laoli membuka secara resmi pelaksanaan TMMD ke-104 di wilayah Kodim 0213/Nias, Selasa (26/2/2019). Adapun Tema TMMD ke-104 adalah Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong-Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional.

Pembukaan TMMD ke-104 dihadiri oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, Staf Ahli Pangdam 1/BB Bidang OPM Kolonel Inf Andi Zebua, Danlanal Nias, Para Dandim Jajaran Rem 023/KS, Danyonif 123Rw, mewakili Kajari Nias, Kepala Pengadilan Nias, Ketua DPRD Nias, dan Kapolres Nias.

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Nias mengucapkan terimakasih kepada Pangdam I/BB dan Dandim 0213/Nias yang telah memprogramkan pelaksanaan TMMD ke-104 tahun 2019 di wilayah Kabupaten Nias Khususnya di Desa Tangaule dan Desa Balale Toba’A Kecamatan Bawolato, hal ini merupakan bukti konkret dari kemanunggalan TNI dalam membangun desa bermasyarakat di Kabupaten Nias.

“Kami menyambut baik tema pelasksanaan TMMD ke-104 tahun 2019 yang menyatakan bahwa Melalui kegitan TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong-royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan Nasional, mengandung makna adanya sinergitas dan semangat yang sama diantara seluruh elemen bangsa terutama antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarkat didaerah yang saling mendukung dalam percepatan dan meningkatkan pembangunan dan ketahanan nasional,” kata Sokhiatulo.

Lanjutnya, program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral yang bertujuan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik.

“Pelaksanaan kegitan TMMD ke-104 tahun 2019 ini, berlangsung selama 30 hari mulai hari ini, tanggal 26 Februari s/d 27 Maret 2019 yang berlokasi di Desa Tagaule dan desa Balale Toba’a kecamatan bawolato Kabupate Nias.” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, program TNI Manunggal Membangun Desa ini merupakan salah satu wujud Nawa cita yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan.

“Saya mengharapkan kepada seluruh satuan tugas dan segenap masyarakat di kedua desa lokasi TMMD untuk berpartisipasi dan bergotong-royong, sehingga hasil yang dicapai membawa manfaat yang maksimal,” harapnya.

Sambungnya, medan tugas begitu menantang dengan keterbatasan sumber daya yang tersedia, kondisi ini kiranya dapat dikelola secara baik sehingga tujuan yang diingin tercapai.

“Saya yakin dengan kebersamaan dan semangat gotong royong dan bahu membahu antara masyarakat, pemerintah daerah dan TNI, kegiatan TMMD ini akan memberikan kontribusi yang luar biasa dalam mempercepat pembangunan dikawasan ini, terutama dalam pembanunan dan pembukaan keterisoliran wilayah sekaligus sebagai wujud percepatan pengembangan kawasan ekonomi cepat tumbuh yang kita kenal dengan kawasan soziona,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, selain itu program kegiatan TMMD ini, juga bukan semata mata hanya membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi juga membangun semangat dan kepercayaan diri serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar mampu mengelola potensi yang mereka miliki.

“Melalui TMMD ini masyarakat juga diharapkan memiliki pengetahuan kesiapsiagaan untuk menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi,” katanya. (Freddy A Pardosi/rel).