Darul Mursyid Kembali Raih Prestasi di MIPA Expo XIII UNRI 2019

Darul Mursyid Kembali Raih Prestasi di MIPA Expo XIII UNRI 2019

27/02/2019 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) kembali menorehkan prestasi pada event Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Expo XIII yang diselenggarakan Universitas Riau (UNRI) tanggal 18 Februari 2019 lalu.

Disampaikan guru pembina dan pendamping tim PDM, Muhammad Rizki Daulay, siswa PDM yang berhasil meraih prestasi dalam event ini sebanyak 8 orang.  Peserta event berasal dari daerah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yakni Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, sebanyak 8 orang siswa kami berhasil meraih juara dalam event MIPA Expo XIII di UNRI kali ini,” ucap Rizki, Selasa (26/2).

Kedelapan siswa PDM peraih prestasi tersebut yaitu Fakhri Husaini juara 1 bidang studi Biologi, Sabrina Ruwayya meraih juara 4 Biologi, Alfi Hidayat juara 4 dan Ahmad Kurniawan juara 7 bidang studi Fisika, Fatihatun Nikmah juara 4 Kimia.
Kemudian Muhammad Fathur Rizki juara 6 Kebumian, Sultan Samsuddin juara 6 Astronomi, serta Irwan Fadli meski peringkat 11 namun nilainya sama dengan peraih peringkat 9 dan 10 di bidang studi Astronomi.

Diutarakannya, event ini diikuti sekolah-sekolah terbaik terutama dari daerah tuan rumah, Propinsi Riau, seperti MAN IC Siak, SMAN 1 Tualang, SMAN Plus Propinsi Riau,  MAN 2 Pekanbaru, SMAN 8 Pekanbaru, SMA Darma Yudha, SMA IT Mutiara.

“Event ini diikuti oleh sekolah-sekolah terbaik di bidang sains terutama dari daerah Riau. Tapi alhamdulillah, dari perolehan prestasi, anak kami ternyata hasilnya bisa kita lihat kalau mereka mampu bersaing dan menorehkan prestasi yang cukup membanggakan,” pungkas Rizki.

Sementara saat yang berbeda, Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA menyambut baik atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya, sekaligus menyampaikan ungkapan rasa bangganya.

“Syukur alhamdulillah, ternyata 8 orang anak didik kami berhasil meraih prestasi di MIPA Expo XIII UNRI tersebut. Ini menjadi rentetan prestasi PDM yang patut kami syukuri. Apalagi event ini mengundang peserta dari sekolah-sekolah terbaik se-Sumbagut. Apresiasi dan rasa bangga saya sampaikan kepada guru pendamping dan pembina juga anak didik kami yang telah mengharumkan nama PDM di event MIPA Expo XIII UNRI tahun ini,” ucap Jafar.

Diutarakan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM ini, kalau PDM sudah dua kali mengikuti event ini yakni tahun 2018 lalu dan tahun ini, yang hasilnya sangat memuaskan.

“Saya juga terus memotivasi anak didik kami agar terus berjuang dan bertanding di semua event olimpiade sains, termasuk di luar daerah Sumut. Tujuannya, selain untuk menambah pengalaman dan jam terbang, juga mengukur kemampuan anak didik kami di bidang sains,” terangnya.

Karena, ucap Jafar, sudah menjadi ciri khas PDM yang berlokasi di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sebagai sekolah pencetak juara sains yang berakhlakul karimah.

“Tahun depan saya ingin prestasi PDM harus lebih baik lagi. Mohon do’a dari kita semua,” tutur Jafar mengakhiri. (Borneo)