Babinsa Koramil 15/Muara Sipongi Berikan Pembekalan Nilai-Nilai Pancasila

Babinsa Koramil 15/Muara Sipongi Berikan Pembekalan Nilai-Nilai Pancasila

28/02/2019 0 By Redaktur 3

MADINA | Babinsa Koramil 15/Muara Sipongi Kodim 0212/TS memberikan pembekalan pendidikan bela negara dengan kegiatan mengajar tentang nilai-nilai Pancasila kepada para siswa sekolah dasar di SDN 178 Muara Sipongi, Kecamatan Muara Sipongi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (27/2/2019).

Babinsa Koramil 15/Muara Sipongi Serda Ismail mengatakan, bahwa pembekalan tentang nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara sangat penting diberikan kepada anak-anak sejak sekolah dasar sebagai bekal dimasa yang akan datang.

“Pengetahuan tentang nilai-nila Pancaila seperti ini sangat penting bagi anak-anak sekolah dasar, karena bila mereka sejak kecil sudah mengenal dan memahami Pancasila, maka untuk kedepannya juga dapat memberikan rasa semangat dan rasa cinta tanah air untuk membangun dan meneruskan cita-cita luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Ismail.

Ia juga menyampaikan, bahwa Pancasila adalah dasar Negara Indonesia tetapi banyak masyarakat yang tidak menerapkan dasar Negara kita ini baik dari kalangan bawah hingga kalangan tinggi. Ada tradisi disetiap sekolah dari mulai SD hingga SMA yaitu upacara bendera yaitu yang salah satunya pembacaan teks Pancasila

“Yang tak kalah menariknya, menanamkan rasa cinta tanah air melalui lagu, dengan menyanyi, dan menghafal sila demi sila dari Pancasila anak akan merasa senang, gembira serta mudah hafal dan memahami pesan yang akan disampaikan dari lagu itu, sehingga anak itu akan cepat menyerap nilai-nilai Pancasila tanpa adanya rasa tertekan dan terbebani,” katanya.

Lanjutnya, pengenalan dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari anak usia dini tersebut juga tidak hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah. Orangtua pun seharusnya ikut memberikan perhatian serius terhadap pentingnya pengenalan Pancasila maupun penerapan nilai-nilai Pancasila di rumah.

“Orangtua berperan utama menanamkan nilai-nilai Pancasila pada anaknya. Karena orangtua berpengaruh yang paling besar terhadap perkembangan seorang anak, sehingga orangtua harus berhati-hati ketika akan melakukan sesuatu, jangan sampai anak meniru hal-hal yang tidak baik dari orangtuanya,” ucapnya.

Disamping itu pendidikan di sekolah juga perlu, guna membentuk watak dan kepribadian anak, seperti yang dilakukan Babinsa Koramil Koramil 15/Muara Sipongi Serda Ismail ketika mengajar pengetahuan tentang Pancasila kepada SDN 178 Muara Sipongi Kecamatan Muara Sipongi, Kabupaten Mandailing Natal, di salah satu sekolah dasar yang berada di perbatasan Provinsi Sumatera Utara dengan Sumatera Barat

Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah SDN 178 Muara Sipongi, Arfah menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada anggota Babinsa yang telah meluangkan waktu untuk datang dan memberikan pengetahuan kepada para generasi penerus bangsa yang di mulai dari SD

“Dengan harapan kedepannya para anggota Babinsa bisa meluangkan waktu datang untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan rasa nasionalisme agar anak-anak kami ini bisa mengerti dan memahami kebangsaan,” harap Arfah. (Freddy A Pardosi/rel)