Basmi Hama, Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah Bersama Warga Berburu Tikus

Basmi Hama, Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah Bersama Warga Berburu Tikus

28/02/2019 0 By Redaktur 3

PALAS | Koramil 10/Barumun Tengah Kodim 0212/TS mengerahkan Babinsanya melaksanakan kegiatan pembasmian hama tikus dalam upaya menekan populasi Tikus sawah bersama PPL dan warga, di Desa Ramba, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Rabu (27/2/2019).

Babinsa Koramil 10/Barumun Tengah Kopda Komaruddin Siregar, mengatakan bahwa keterlibatan TNI khususnya Babinsa dalam kegiatan perburuan hama Tikus ini sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama.

“Kegiatan membasmi hama  Tikus yang diikuti puluhan petani dan warga tersebut berlangsung seru karena masing-masing petani dan TNI yang membentuk kelompok-kelompok kecil dan saling bersaing memburu tikus paling banyak, dengan menyisir sebagian besar dinding pematang ataupun tanggul yang ditengarai sebagai sarang,” terang Komaruddin.

Ia juga menyampaikan, kegiatan perburuan hama Tikus ini dinilai efektif dalam menekan perkembangbiakan binatang pengerat tersebut, perburuan diawali dengan melakukan pengasapan menggunakan kayu bakar di setiap lubang Tikus. Setelah hama yang diburu keluar, petani dan anggota TNI (Babinsa) ramai-ramai membunuh hama Tikus itu menggunakan aneka kayu dan bambu dengan cara memukulkan ke tubuh binatang pengerat tersebut

“Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus dengan beberapa bahan dan peralatan yang sudah disiapkan untuk membasmi Tikus. Pembasmian hama Tikus dengan cara membentuk kelompok-kelompok ini adalah cara yang paling tepat selain bisa mempererat tali silaturahmi, cara ini adalah cara yang paling aman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Ramba Baginda Hasibuan yang juga mewakili warga Desa Ramba yang yang mengikuti perburuan hama Tikus mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa dan PPL yang telah meluangkan waktunya untuk ikut bergotong-royong dalam pembasmian hama Tikus di Desa Ramba ini.

“Semoga dengan adanya pembasmian hama tikus ini populasi Tikus khususnya di area persawahan Desa Ramba ini bisa berkurang dan tanaman padi bisa tumbuh dengan bagus dan semoga dengan kegiatan ini hubungan antara masyarakat dan TNI semakin harmonis,” tutupnya (Freddy A Pardosi/rel)