Desa Tapian Nauli I Juara desa Terbaik, Wakili Tapteng Bertanding di Tingkat Provinsi Sumut

Desa Tapian Nauli I Juara desa Terbaik, Wakili Tapteng Bertanding di Tingkat Provinsi Sumut

24/05/2019 0 By Redaktur 2
Tapian Nauli | Setelah melalui berbagai penilaian, akhirnya Desa Tapian Nauli I Kecamatan Tapian Nauli menjadi juara desa/Kelurahan Terbaik se Kabupaten Tapanuli Tengah. Dan berhak mewakili Kabupaten Tapanuli Tengah untuk bertanding di tingkat Provinsi.

Mewakili Bupati Tapteng, Asisten 1 Antonius Simanjuntak

Hal itu dikatakan oleh Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang diwakili oleh Asisten I, Antonius Simanjuntak saat acara penyambutan tim penilai dari provinsi, Selasa 21 Mei 2019 di Desa Tapian Nauli I Kecamatan Tapian Nauli.
Pada kesempatan itu, Bupati Tapteng yang diwakili Antonius Simanjuntak dalam kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang datang ke Desa Tapian Nauli I Kecamatan Tapian Nauli.
“Kita menyadari masih banyak kekurangan yang perlu kita tingkatkan, oleh karena itu saya mengajak kita sekalian untuk menghayati dan sama-sama belajar akan pentingnya indikator penilaian lomba Desa dan kelurahan terbaik, baik itu dibidang Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan dan Pemberdayaan serta Kesejahteraan Keluarga,” Katanya.
Dalam sambutannya Kepala Desa Tapian Nauli 1 Erwin Sibagariang mengatakan bahwa pihaknya selalu memberikan yang terbaik untuk desa Tapian Nauli 1 khususnya untuk masyarakatnya. Karena menurutnya kesejahteraan masyarakat dan kemakmuran desa adalah salah satu bentuk keberhasilan yang sesungguhnya. Hal inilah yang nantinya akan membawa Desa Tapian Nauli 1 Menjadi desa yang terbaik.

Kepala Desa Tapian Nauli 1 Erwin Sibagariang

“Kita bukan satu satunya untuk lomba, tapi yang terutama untuk kesejahteraan masyarakat. Kalau soal juara itu adalah bukti bahwa kita telah berhasil menjalankan roda pemerintah di desa ini sesuai dengan visi misi kita,” ujarnya.
Adapun Visi pembangunan desa Tapian Nauli 1 adalah menciptakan desa yang indah melalui pembangunan serta peningkatan SDM masyarakat dan taraf ekonomi yang sejahtera.
Adapun misinya mewujudkan pemerintah desa Tapian Nauli 1 efektif dalam rangka mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Meningkatkan derajat hidup masyarakat melalui upaya peningkatan pelayanan kesehatan desa. Mengembangkan sektor pertanian dan usaha industri kecil yang berwawasan lingkungan. Mengembangkan pentingnya peningkatan Sumber daya Manusia melalui dukungan wajib belajar 9 tahun dan pendidikan anak usia Dini. Menghidupkan dan meningkatkan kembali lembaga lembaga kemasyarakatan yang ada di desa. Menciptakan Lapangan Kerja. Menggunakan dana dari pemerintah se efektif dan efisien mungkin.
Selain itu, dibidang PKK, desa Tapian Nauli 1 juga tidak mau kalah, berupaya mensukseskan program PKK. Senada dengan itu, ketua TP PKK desa Tapian Nauli I Mardiana Hutagalung Erwin Sibagariang dalam sambutannya mengatakan, bahwa 10 program pokok PKK merupakan denyut nadi setiap kegiatan. Dimana dari ke 10 program pokok PKK tersebut telah mencakup aspek kehidupan sehati hari yang dibutuhkan oleh setiap individu.

ketua TP PKK Desa Tapian Nauli 1 Mardiana Hutagalung Erwin Sibagariang

“PKK merupakan suatu wadah aspirasi masyarakat yang memiliki peran startegis dalam pembangunan, jika semua program pokok PKK ini dapat dilaksanakan oleh setiap individu atau keluarga maka akan tercipta keluarga yang sakinah mawaddah dan waromah menuju masyatakat sejahteta dan bermartabat,” ujarnya.

Tim Penggerak PKK desa Tapian Nauli 1 menyambut kedatangan tim penilai dari provinsi bersama yang mewakili bupati Tapteng, Asisten 1 Antonius Simanjuntak

 

Kepala Desa Tapian Nauli 1 Erwin Sibagariang bersama Camat Tapian Nauli Rinaldi, S.Sos dan Kadia PMD Sunardi bersama perangkat desa menyambut kunjungan Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Selasa (21/5/2019) pagi di pelataran Kantor Kepala Tapian Nauli 1.
Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang berkunjung dan melakukan penilaian ke Desa Tapian Nauli 1 Kecamatan Tapian Nauli tersebut turut menyampaikan pesan pesan dari Gubernur Sumut.
Dalam sambutan tertulis Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, Pelaksanaan Penilaian Desa dan Kelurahan Terbaik Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara Tahun 2019 merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing Desa/Kelurahan setiap tahunnya dan dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan Desa/Kelurahan sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa.
Menurut Gubsu, Penilaian Desa dan Kelurahan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya sesuai permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, selain itu ia menegaskan bahwa maksud dari penyelenggaraan penilaian Desa dan Kelurahan ini adalah untuk menetukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah Desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga nantinya hasil dari evaluasi ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan masa yang akan datang.
Dalam kegiatan Kunjungan Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang dihadiri Camat Tapian Nauli Ronardi, S.Sos serta Unsur Muspika, para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan organisasi kepemudaan kegiatan tersebut diakhiri dengan kegiatan tanya jawab. (Petrus Gulo)