Bangun Watak dan Karakter, Babinsa Koramil 19/Siais Latih PBB di SMPN 1 Angkola Barat

Bangun Watak dan Karakter, Babinsa Koramil 19/Siais Latih PBB di SMPN 1 Angkola Barat

08/11/2019 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Upaya membangun watak dan karakter untuk mencapai suatu tujuan dalam pendidikan sejak dini di kalangan pelajar, Babinsa Koramil 19/Siais Kopka Muara AP Siregar memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada para siswa SMPN 1 Angkola Barat di Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Rabu (6/11/2019).

Babinsa Koramil 19/Siais Kopka Muara AP Siregar menyampaikan pembinaan kedisiplinan para siswa merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk membentuk kepribadian para siswa menjadi manusia yang mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai dan norma yang berlaku.

“Pelatihan PBB bagi para siswa guna membangun kedisiplinan melalui pengembangan watak dan karakter serta membentuk mental yang tangguh dengan memiliki sikap, kedisiplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian sehingga timbul rasa persatuan serta tanggung jawab sejak dini,” katanya.

Lanjutnya, selain itu pelatihan PBB sebagai wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi.

“Disinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk membela Negara,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, PBB juga bermiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu untuk melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam serta mengatur emosi.

Sementara itu, Danramil 19/Siais Kapten Inf Mariyanto mengatakan, bahwa pihaknya melalui pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Babinsa saat ini sedang gencar memberikan latihan PBB kepada para siswa di sekolah di wilayahnya.

“Diharapkan dengan pembinaan yang dilakukan oleh Babinsa para siswa kedepannya dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu diterapkan di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” katanya. (Freddy A Pardosi/ril)