Bupati Bersama Unsur Forkopimda Kunjungi Stand PLTA Batangtoru

Bupati Bersama Unsur Forkopimda Kunjungi Stand PLTA Batangtoru

21/11/2019 0 By Redaktur 1
TAPSEL | Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) bersama unsur Forkopimda Tapsel mengunjungi stand PLTA Batangtoru pada pembukaan Pameran Pembangunan dalam rangka Hari Jadi Ke-69 Kabupaten Tapsel Tahun 2019, Selasa (19/11) lalu.
Kehadiran Bupati, H Syahrul M Pasaribu SH bersama Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang, Dandim 0212/TS, Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto SIP, Kapolres Tapsel, AKBP Irwa Zaini Adib SIK dan lainnya disambut Dede Wafiza Ashia, Public Relation (PR) PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) selaku perusahaan pengelola pembangunan PLTA Batangtoru berkapasitas 510 MW.
Sekilas Dede Wafiza menjelaskan akan skema program kerja PLTA Batangtoru yang ramah lingkungan dan irit lahan sebagai bagian dari realisasi target energi terbarukan 35.000 MW Presiden RI, Ir Joko Widodo.
Menjelaskan tentang fungsi tiap ruangan stand yang disediakan PLTA Batangtoru dalam menyambut pengunjung selama pameran berlangsung.
Dede juga menyampaikan sejumlah produk petani dan pelaku UMKM Tapsel binaan dan mitra PLTA Batangtoru yang dibawa dan dipromosikan dalam pameran pembangunan tersebut, seperti kopi Arabika Sipirok, gula semut, minyak serai wangi dan kulit manis.
Sementara itu, Bupati Tapsel mengapresiasi PLTA Batangtoru atas keikutsertaannya dalam pameran pembangunan tersebut dan juga mempromosikan sejumlah produk unggulan Tapsel milik petani dan UMKM.
Pada kesempatan itu juga, Dede Wafiza mengajak Bupati dan unsur Forkopimda untuk mencicipi racikan kopi Arabika Sipirok sebagai salah satu produk unggulan Tapsel hasil olahan para komunitas dan pelaku usaha kopi di Tapsel.
Terpisah, Dede Wafiza mengatakan, ruangan khusus disiapkan untuk menerima pengunjung sebagai langkah PLTA Batangtoru berbagi informasi kepada masyarakat luas tentang PLTA Batangtoru, program-program kemasyarakatan yang dilaksanakan, upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan lain sebagainya.
Ruangan khusus yang hanya berisi meja dan kursi dengan sejumlah baliho di dinding stand yang memuat tentang PLTA serta layar monitor di depan stand, diharapkan juga bisa menjadi tempat bagi petani dan UMKM binaan dan mitra PLTA Batangtoru untuk bernegosiasi dengan pelaku bisnis yang tertarik dengan produk unggulan Tapsel tersebut.
“Tujuan ikut pameran ini, kita ingin mengenalkan PLTA Batangtoru kepada masyarakat luas. Dan juga untuk menjembatani promosi, negosiasi dan transaksi pelaku bisnis dengan petani dan UMKM binaan kita,” ucap Dede.
Diutarakannya, pembangunan PLTA Batangtoru merupakan bahagian dari upaya pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim dengan menghadirkan energi terbarukan yang lebih bersih. Berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan. Juga peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. (Borneo)