Babinsa Koramil 02/Sidikalang Cek Stok Gabah dan Beras di Kilang Padi

Babinsa Koramil 02/Sidikalang Cek Stok Gabah dan Beras di Kilang Padi

25/11/2019 0 By Redaktur 3

DAIRI | Babinsa Koramil 02/Sidikalang Serka Rislon mengunjungi tempat penggilingan padi atau kilang padi Gabenaniula milik TA Siburian di Jalan Manunggal, Kelurahan Sidikalang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Jum’at (22/11/2019).

Kunjungan Babinsa  Koramil 02/Sidikalang Serka Rislon tersebut, untuk mengetahui kondisi tempat penggilingan padi Gabenaniula yang sudah lama beroperasi terlebih untuk mengecek stok gabah dan beras yang telah digiling.

“Stok gabah dan beras di kilang padi Gabenaniula yang berada di Kota Sidikalang ini masih aman, dan harga beras juga masih stabil di pasar yang kini mencakup Rp. 180.000 perkaleng atau 16 kg berarti sekitar 11.250 /kg,” terang  Serka Rislon.

Ia juga menyampaikan, bahwa TNI akan terus ajak para petani untuk mendukung secara total dalam kedaulatan pangan Nasional merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan Bulog dalam penyerapan hasil panen para petani, sehingga petani akan menjual gabahnya ke Bulog, serta mendorong agar para pemilik mesin penggilingan padi bekerja sama dengan Bulog.

“Gencarnya pengaruh tengkulak dalam pengendalian harga hasil panen membuat sebagian petani menjual hasil panennya kepada tengkulak yang menjadi tantangan tersendiri. Kegiatan Babinsa ini untuk mengecek daya serap Bulog yang berada di wilayahnya khususnya wilayah jajaran Kodim 0206/Dairi dalam rangka Swasembada Pangan,” ucapnya. (Freddy A Pardosi/ril)