Syahrul: Mari Bekerja Keras, Ikhlas dan Tuntas

Syahrul: Mari Bekerja Keras, Ikhlas dan Tuntas

25/11/2019 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Seluruh pemangku kepentingan diajak untuk dapat bekerja keras, ikhlas dan tuntas demi terwujudnya masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera. Ajakan ini disampaikan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Syahrul M Pasaribu SH saat menjadi pembina upacara pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapsel Ke-69 Tahun 2019 di lapangan Parade Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Minggu (24/11).
Bupati Tapsel mengatakan bahwa setiap pemimpin dan pemerintahan punya masanya untuk berbakti, berbuat dengan bekerja keras serta bertekad untuk membangun daerahnya ke arah yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tapsel yang berkeadilan.
“Oleh karena itu, tugas kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan tersebut agar karya bakti kita semua bermanfaat bagi masyarakat. ‘Ayo Bangun Tapsel yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera’ hendaknya bukan retorika dan slogan tanpa makna, tetapi ini menjadi ajakan dan tekad kuat kita untuk dapat bertindak dan bereaksi secara nyata,” ucap Bupati.
Bagi jajaran birokrasi pemerintah, ucap Syahrul, ini menjadi pendorong dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif, pemerintahan yang memenuhi semboyan ketika rakyat bertanya mampu dijawab dan ketika rakyat meminta mampu dilayani.
“Sesuai motto kita, songon siala sampagul, rap tu ginjang rap tu toru, muda malamun saulak lalu, molo magulang rap margulu. Sahata saoloan na sapangambe sapanaili,” tutur Syahrul.
Namun, untuk mencapai output yang lebih baik, pungkasnya, seluruh pemangku kepentingan harus senantiasa bergandeng tangan secara bersama-sama dan bekerja keras, bekerja ikhlas serta bekerja tuntas. Dalam arti, berat sama dipikul ringan sama dijinjing.
“Insya Allah dengan modal kebersamaan, cita-cita mewujudkan Kabupaten Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera dalam bingkai ‘Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur’ akan terwujud,” pungkasnya.
Bupati juga menyinggung bahwa Tapsel dalam sistem pengelolaan anggaran daerah telah menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari BPK-RI. Capaian ini tidak terlepas daripada dukungan semua komponen daerah dan semua pihak.
Demikian juga dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang sudah didepan mata, terangnya, sesungguhnya Tapsel telah mempersiapkan diri sesuai visi-misi yang sejalan dengan tema Hari Jadi Kabupaten Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, menciptakan SDM unggul Indonesia maju.
“Tapsel dalam visi-misi sehat, cerdas dan sejahtera telah menuangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2016-2021, sebuah program yang disiapkan untuk melangkah dan menghadapi segala perkembangan di era industri 4.0 dan bonus demografi,” jelasnya.
Diutarakannya, Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin juga telah menetapkan arah pembangunan Indonesia lima tahun kedepan dengan lima program utama yang dicanangkan untuk terwujudnya SDM unggul Indonesia maju. Kelimanya yaitu pembangunan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi. Kelima arah kebijakan nasional ini memiliki arah yang sama dengan visi-misi Tapsel.
“Oleh karenanya, program pembangunan Tapsel yang dilaksanakan berdasarkan RPJMD atau garis besar haluan Kabupaten selama kurun tiga tahun terakhir tinggal melakukan peningkatan pada beberapa sektor saja,” katanya.
Sehingga paling lambat tahun depan (2020), sebutnya, perwujudan Tapsel sehat, cerdas dan sejahtera sudah memberi sumbangsih yang sangat besar bagi cita-cita SDM unggul Indonesia maju sesuai yang dicanangkan Presiden dan Wakil Presiden RI, Jokowi-Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.
Usai upacara, Bupati Tapsel bersama unsur Forkopimda beserta undangan lainnya melakukan pelepasan burung merpati yang merupakan simbol kedamaian dan kebersamaan.
Hadir pada upacara tersebut diantaranya Ketua dan Sekretaris Komisi Kejaksaan RI, Barita Simanjuntak dan Tiyas Widiarto,  Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, anggota DPRDSU, Syamsul Qamar, Ketua Majelis Wali Amanat USU, Panusunan Pasaribu, Wakil Rektor USU, Prof Mahyuddin Nasution, unsur Forkopimda Tapsel, Wakil Bupati Tapsel, Aswin Efendi Siregar, Wakil Walikota Padangsidimpuan, Arwin Siregar, Wakil Bupati Labusel, mewakili Bupati Madina, Paluta, Palas, Tapteng dan Walikota Sibolga, para pimpinan dan anggota DPRD Tapsel, Sekda Tapsel, Parulian Nasution, Ketua TP PKK Tapsel, Hj Syaufia Lina, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Kabag, Camat se-Tapsel, serta undangan lainnya. (Borneo)