Yayasan Sepia Laksanakan TEPAK Untuk 90 Orang Anak Jalanan

Yayasan Sepia Laksanakan TEPAK Untuk 90 Orang Anak Jalanan

11/12/2019 0 By Redaktur 2
TAPTENG | Yayasan Sejahtera Tapian Nauli (Sepia) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) laksanakan kegiatan TEPAK (Penguatan Kapasitas Anak dan Keluarga) bagi 90 Orang Anak Jalan bersama dan Orang Tuanya selama 2 hari.
Adapun kegiatan Tepak itu, dilaksakan sejak Kamis (5/12) hingga Jumat (6/12) di Kecamatan Tapian Nauli, Tapteng.

Ketua yayasan SEPIA, Petrus Gulo, S.Pd foto bersama anak binaannya

Selaku Lembaga Sosial, Yayasan Sepia dipercaya untuk membina sebanyak 90 Orang Anak Jalan dari kalangan masyarakat tergolong miskin.
“Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Sosial bekerjasama dengan Dinas Sosial Tapteng dan Yayasan Sepia. Kami dipercaya untuk membina 90 Orang Anak dari golongan keluarga tidak mampu,”ujar Ketua Yayasan Sepia, Petrus Gulo.
Petrus menuturkan, kegiatan TEPAK itu merupakan salah satu program dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial. TEPAK lahir sejak Tahun 2015 ini merupakan bagian dari salah satu komponen Program Kesejahteraan Sosial Anak yang sering disebut Program PKSA.
Dijelaskannya, bantuan TEPAK terdiri dari bantuan Penguatan Kapasitas Anak (PKA), Bantuan Kapasitas Penguatan Keluarga (PKK) dan Bantuan Stimulan Kebutuhan Dasar dan Gizi Anak dimana dananya disalurkan melalui rekening tabungan lembaga. Selain bantuan dana, ada juga pemberian penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat tentang HAK Anak, dimana anak berhak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi.
“Keuntungan dari para keluarga yang terpilih mengikuti Program ini diantaranya, kebutuhan dasar seperti listrik, dana pendidikan, kesehatan dan bantuan sosial lainnya dipastikan diperoleh. Sementara anak yang terdaftar akan mendapatkan pendidikan hingga jenjang bangku kuliah,”ucapnya.
Ditambahkannya, selain diberikan bantuan paket tambahan gizi yang terdiri dari Susu, Gula, Beras, Telur, masing-masing anak juga diberikan uang saku.
Khusus untuk 90 Orang Anak, pada Jumat (6/12) kegiatan dilanjutkan ke Pantai Kuta Mela di jadikan lokasi untuk menghibur para anak. Yayasan Sepia dan Peksos turut menemani para anak untuk merasakan nikmatnya suasana rekreasi. Berbagai bentuk permainan dan hiburan sengaja di suguhkan untuk membuat para anak melupakan sejenak kesulitan hidup mereka.
Menurut Petrus, khusus 90 Orang Anak tersebut tidak hanya program TEPAK sekali setahun ini yang akan diperoleh. Tahun 2020 Pemerintah Pusat melalui Kemensos akan memberikan bantuan Dana Pendidikan yang nilainya jutaan rupiah serta akan menerbitkan Kartu khusus yang bisa dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan hingga lulus kuliah dengan gratis.(pg)