Peringati Hari Ibu Ke-91, KPU Kota Sibolga Gelar Upacara

Peringati Hari Ibu Ke-91, KPU Kota Sibolga Gelar Upacara

23/12/2019 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga menggelar upacara di depan Kantor KPU Kota Sibolga, Jalan S. Parman No.55 Kota Sibolga, Senin (23/12/2019). Thema Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 yakni Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

Upacara dipimpin oleh Sekretaris KPU Kota Sibolga Inchawadi Tanjung SE, sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara Posman Sihombing S.AP. Hadir dalam upacara tersebut yakni Para Komisioner KPU Kota Sibolga, Para Kassubag, Para Pegawai dan Tenaga Pendukung (Outsorcing) KPU Kota Sibolga.

Pembacaan naskah Pancasila oleh Sekretaris KPU Kota Sibolga Inchwadi Tanjung SE, sedangkan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Alfrido Nezer Panggabean dan pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Dessy Amriani Hutabarat SH serta pembacaan doa oleh Saiful Anwar Limbong S.Pi.

Pada kesempatan itu, Sekretaris KPU Kota Sibolga Inchawadi Tanjung SE saat membacakan kata sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan bahwa Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia diawali dengan Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia.

“Tema sentral pembahasan Kongres Perempuan tersebut adalah memperjuangkan hak perempuan dalam perkawinan, melawan perkawinan dini, poligami dan pendidikan perempuan. Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional,” katanya. (Fre Par17)