Sekdakab Tapsel Resmikan Kantor Desa Simaninggir

Sekdakab Tapsel Resmikan Kantor Desa Simaninggir

15/02/2020 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Selatan (Tapsel), Drs H Parulian Nasution MM meresmikan gedung Kantor Desa Simaninggir, Kecamatan Sipirok, Jum’at (14/2).
Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekdakab, Parulian Nasution didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (PMPD), M Yusuf.
Sekdakab, Parulian Nasution dalam sambutannya menyampaikan, aparat desa harus selalu meningkatkan kualitas pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat.
Lebih lanjut Parulian mengatakan, tugas Kepala Desa (Kades) secara umum adalah menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, program pembangunan baik itu dibidang pemerintahan, pembangunan dibidang infrastruktur, sosial budaya dan pembangunan dibidang ekonomi dapat berjalan dengan baik.
Diutarakannya bahwa yang paling banyak membangun Kantor Desa yang permanen di Sumatera Utara (Sumut) adalah Tapsel melalui Dinas PMPD. Karena, 98% desa yang ada di Tapsel telah terbangun Kantor Desanya.
“Pembangunan Kantor Desa ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang bermanfaat untuk masyarakat. Oleh karenanya, dengan telah selesainya pembangunan gedung ini pelayanan terhadap masyarakat kiranya semakin baik dan masyarakat dapat memperoleh kemudahan, sehingga peningkatan kualitas penyelenggaraan pembangunan dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.
Ditegaskannya, Kades merupakan ujung tombak pelaksanaan pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam melayani masyarakat selama 24 jam.
“Oleh karena itu, mari kita sama-sama memahami bahwa peran bersama antara pemerintah desa dan masyarakat perlu terus dibangun, agar dengan keberadaan kantor ini dapat meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat. Ini semua bertujuan untuk meningkatkan sinergi yang positif dalam mewujudkan tujuan bersama,” tuturnya.
Sebelumnya, Kades Simaninggir, Ismail Sitompul dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel yang telah memberi dukungan penuh, sehingga pembangunan Kantor Desa Simaninggir dapat selesai.
Dijelaskannya, dana pembangunan kantor tersebut bersumber dari dana desa sebesar Rp520 juta dan gedungnya berlantai dua.
“Semoga dengan telah terbangunnya gedung Kantor Desa Simaninggir ini, mutu pelayananan kepada masyarakat akan dapat lebih meningkat, sehingga pelayanan kepada masyarakat nantinya akan lebih mudah terlayani dengan baik,” tuturnya.
Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kadis PMPD, M Yusuf, Camat Sipirok, Sardin Hasibuan, Kabag Humas dan Protokol, Isnut Siregar, serta lainnya. (Borneo)