Angkatan I MAN IC Tapsel Sukses Masuk PTN Ternama di Indonesia dan Luar Negeri

Angkatan I MAN IC Tapsel Sukses Masuk PTN Ternama di Indonesia dan Luar Negeri

26/09/2020 0 By Redaktur 3

TAPSEL I Angkatan I Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tapanuli Selatan (Tapsel) sukses masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia bahkan di luar negeri.

Kepala MAN IC Tapsel H Ali Masran Daulay SPd MA saat audiensi ke Bupati Tapsel Kamis (24/9/2020) menyampaikan, di usianya yang ke tiga tahun sejak diresmikan Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu pada 17 Juni 2017 lalu, MAN IC Tapsel telah mampu melahirkan siswa berprestasi dengan lulus 100% pada ujian nasional dan sudah diterima di PTN di Indonesia dan luar negeri sebanyak 78,5%, seperti di ITB, USU, Unand, Ikatan Dinas Kementerian Pertahanan RI, perguruan tinggi di Tiongkok, dan lainnya.

“Dan ini telah menunjukkan kemajuan sebagai lembaga Pendidikan Agama kebanggaan masyarakat Tapsel,” ujar Ali Masran.

Menurut Masran, kiprah alumni MAN IC Tapsel juga sangat membanggakan, karena mampu bersaing menduduki perguruan tinggi ternama di tanah air dan juga perguruan tinggi di Tiongkok.

“Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan yang telah diberikan pemerintah daerah yang saat ini dipimpin oleh Bapak Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Tapsel Drs H Ihwan mengatakan, MAN IC Tapsel merupakan lembaga kebanggaan Kabupaten Tapsel yang saat ini telah melahirkan siswa berprestasi, karena 78,5% siswa angkatan I telah diterima di PTN baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ikhwan berharap, kelak alumni MAN IC Tapsel dapat menyumbangkan pemikirannya kepada MAN IC Tapsel dan menjadi pemimpin.

Sementara itu, Ketua Majelis Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas kelulusan 100% siswa MAN IC Tapsel angkatan I dan 78,5% sudah diterima di PTN baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Dan ini merupakan awal yang bagus,” ucap Panusunan Pasaribu.

Pada kesempatan itu, Panusunan mengutarakan, saat ini USU telah berhasil masuk dalam klaster I daftar pemeringkatan perguruan tinggi non vokasi seluruh Indonesia tahun 2019, sehingga USU berada pada peringkat 13 di klaster I, naik dua peringkat dari tahun sebelumnya yang waktu itu berada diperingkat 15 atau peringkat I klaster 2.

Sementara itu, Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu dalam arahannya mengatakan, Pemkab Tapsel selalu komit dengan pelaksanaan visi-misi daerah yaitu mencerdaskan masyarakat Tapsel melalui bidang pendidikan dan keagamaan. Selalu komit pada upaya pembangunan SDM melalui pendidikan terutama pendidikan keagamaan.

“Dan Alhamdulillah sudah mulai kita rasakan sekarang ini,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati berpesan kepada pimpinan MAN IC Tapsel, pengelola serta majelis guru, agar dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih dan juga agar ditingkatkan dalam inovasi pendidikan di generasi yang akan datang.

“Semoga angkatan selanjutnya dapat memiliki capaian yang tidak kalah hebat dari tahun sebelumnya yang saat ini 78,5%. Kalau bisa di tahun yang akan datang bisa mencapai 98,2%,” harap Syahrul. (Borneo)