Bupati Tapsel Resmikan Masjid Agung Syahrun Nur

Bupati Tapsel Resmikan Masjid Agung Syahrun Nur

22/01/2021 0 By Redaktur 3

TAPSEL I Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu SH meresmikan Masjid Agung Syahrun Nur di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Jum’at (22/1/2021).

Hadir dalam peresmian tersebut diantaranya anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Kapolres Tapsel, Kepala BNNK Tapsel, mewakili Bupati Paluta dan Palas, tokoh masyarakat Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Ketua MUI Tapsel dan pengurus, pimpinan berbagai lembaga keagamaan, tokoh adat, pemuda serta lainnya.

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, berbagai tantangan dan pekerjaan besar yang dihadapinya di awal memimpin Tapsel sepuluh tahun lalu, khususnya kondisi defisit keuangan dan pertapakan perkantoran Pemkab Tapsel.

Bupati dua periode ini menyampaikan, Masjid Agung Syahrun Nur ini dibangun selama dua tahun dan aksesorisnya setahun.

“Membangun ini tidak mudah. Terima kasih atas seluruh dukungannya. Membangun daerah tidak bisa hanya mengandalkan APBD, dan harus berimbang dan berkesinambungan,” pungkas Bupati.

Sebelumnya anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu dalam sambutannya mengapresiasi berbagai capaian yang diraih Bupati Syahrul M Pasaribu dalam membangun Tapsel khususnya Masjid Agung Syahrun Nur yang sangat besar dan mewah ini.

“Berbagai prestasi dan capaian Bupati Syahrul M Pasaribu yang masa jabatannya akan berakhir beberapa hari kedepan akan selalu dikenang selamanya,” tutur Gus Irawan Pasaribu.

Sementara Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang dalam sambutannya mengajak ummat Islam menjadikan masjid ini menjadi jantung ibadah.

“Semoga berbagai karya pembangunan Bupati Syahrul M Pasaribu ini dapat dijaga dengan baik kedepan,” ucap Husin Sogot Simatupang.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, Masjid Agung Syahrun Nur merupakan bangunan monumental yang akan terkenang dalam waktu panjang.

Ketua MUI Tapsel Ahmad Gozali Siregar dalam sambutannya mengajak ummat Islam untuk memakmurkan Masjid Agung Syahrun Nur.

“Ini masjid yang besar dan mewah, mari kita syukuri dengan memakmurkannya,” ajaknya.

Kadis PU dan PR Tapsel Chairul Rizal Lubis menjelaskan, Masjid Agung Syahrun Nur yang dikerjakan PT Karya Agung Pratama Cipta ini menelan dana lebih kurang Rp52 miliar.

Pemancangan tiang pondasi masjid dimulai pada April 2018. Ukuran bangunan masjid sekitar 3 ribu meter persegi dengan luas lahan lebih kurang 4 hektar dan mampu menampung sekitar 2.350 jamaah. Rinciannya, dalam masjid bisa menampung lebih kurang 760 jamaah, teras masjid 560 jamaah, sedang out door diperkirakan mampu menampung seribu jamaah.

Diutarakannya, Masjid Agung Syahrun Nur berbentuk gabungan instrumen Timur Tengah, Turki dan Tapsel, dilengkapi berbagai fasilitas pendukung mulai ruang parkir untuk kendaraan roda dua, roda empat dan bus yang diperkirakan mencapai 222 lot, serta taman.

Acara dirangkai dengan peresmian Kantor MUI Tapsel dan monumen Dana Rakca. (Borneo)