Menteri Sosial Salurkan Bantuan Korban Bencana Longsor Batangtoru

Menteri Sosial Salurkan Bantuan Korban Bencana Longsor Batangtoru

19/05/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini menyerahkan bantuan kepada ahli waris atau keluarga korban bencana tanah longsor di Wek I Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) dengan nilai total Rp267.372.295.

Bantuan diserahkan Mensos Risma secara simbolis kepada keluarga korban melalui Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu di Aula Kantor Camat Kecamatan Marancar, Rabu (19/5/2021).

Mensos Risma menyampaikan ucapan belasungkawa kepada pihak keluarga korban bencana tanah longsor.

Kemudian Mensos juga mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Tapsel, Basarnas dan pihak terkait yang telah bergerak sama-sama untuk secepatnya menangani musibah tersebut.

Mensos Risma yang didampingi Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) M Syafii Nasution menjelaskan, setiap korban disantuni sebesar Rp15 juta untuk 12 korban yang sudah lebih dahulu diserahkan kepada keluarga korban beberapa hari lalu.

“Tambah nilai paket yang hari ini diserahkan, sehingga total bantuan Rp267 juta lebih. Santunan ini menandakan Negara hadir di tengah duka rakyatnya. Semoga bantuan bermanfaat dan meringankan beban keluarga yang ditinggalkan,” ucap Mensos Risma.

Risma juga berharap agar keluarga korban meninggal dunia sesuai yang dilaporkan, dapat ikhlas dan sabar dalam menerima musibah yang terjadi pada 29 April 2021 lalu.

Sebelumnya Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan berterima kasih atas kehadiran Mensos Risma dalam acara pemberian bantuan yang mengikuti protokol kesehatan secara ketat tersebut.

“Kehadiran Bu Menteri Risma apalagi tadi sempat berbincang-bincang pengalaman saat penjemputan di Bandara FL Tobing memberi support semakin menambah semangat kami untuk membangun Tapsel agar lebih baik lagi,” ujar Bupati Dolly Pasaribu.

Bupati juga menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga korban.

Selain keluarga korban, turut hadir di acara penyerahan bantuan tersebut yaitu Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj yang sekaligus ekspos kronologis kejadian, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Kajari Tapsel Ardian, Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, Sekda Parulian Nasution, sejumlah pejabat Propinsi Sumut, Pemkab Tapsel, serta lainnya.

Santunan masing-masing Rp15 juta untuk 12 korban bencana tanah longsor di Wek I Kecamatan Batangtoru yang lokasinya berdampingan dengan proyek PLTA Batangtoru sudah diterima ahli waris atau keluarga korban pada Rabu (12/5/2021) melalui Ahli Madya Direktorat PSKBA Kemensos RI Johanna Carolina. (Borneo)