12 Tahun Darul Mursyid Rajai Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten

12 Tahun Darul Mursyid Rajai Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten

24/06/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Sudah 12 tahun atau sejak 2010 Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) merajai Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten (KSN-K) jenjang SMA-sederajat.

Itu setelah tim Darul Mursyid dinyatakan sebagai Juara Umum I pada KSN-K jenjang SMA-sederajat Tahun 2021 yang digelar secara daring pada Kamis (3/6/2021) dan Jum’at (4/6/2021) lalu.

Hasilnya juga 18 siswa dari 27 siswa utusan Darul Mursyid di KSN-K 2021 ini lolos ke tahap berikutnya yakni menjadi utusan Kabupaten untuk bertarung di KSN Tingkat Provinsi (KSN-P). Darul Mursyid juga sebagai sekolah penyumbang siswa terbanyak untuk KSN-P.

Kepala Devisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Hendra Irwandi Siregar mengatakan, KSN merupakan salah satu dari kompetisi sains tahunan yang rutin diikuti Darul Mursyid yang terletak di Desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapsel, Sumatera Utara.

“Menjadi Juara Umum I KSN-K sudah kami pegang sejak 11 tahun lalu dan tahun 2021 ini untuk ke-12 tahunnya,” ucap Hendra Irwandi, Rabu (23/6/2021).

Hendra menyampaikan, peningkatan hasil prestasi KSN-K dari tahun ke tahun teramat jelas. Hal ini dibuktikan dari data 2 tahun terakhir yaitu tahun 2019 PDM berhasil mengutus sebanyak 10 orang, tahun 2020 sebanyak 16 orang dan tahun 2021 ini meningkat menjadi 18 orang.

Sembilan bidang keilmuan yang dilombakan pada KSN-K 2021 ini, yakni Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Lima bidang keilmuan dilakukan tes pada 3 Juni 2021 yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika dan Biologi. Selanjutnya 4 Juni 2021 yakni Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Hendra menjelaskan mekanisme seleksi penyelenggaraan KSN yaitu dilakukan secara berkelanjutan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Sedangkan untuk penilaian tahun ini menggunakan sistem passing grade.

“Luar biasa, konsistensi prestasi Darul Mursyid tidak diragukan lagi. Darul Mursyid akan ada seribu satu cara untuk tetap bisa menyumbangkan prestasi-prestasi terbaik untuk nama baik PDM dan Tapanuli Selatan,” pungkas Hendra.

Pada kesempatan sama Wakil Direktur Bidang Pendidikan PDM Ahmad Suhaeli Pulungan menyampaikan apresiasi dan harapannya atas perolehan prestasi tim PDM di KSN-K ini.

“Alhamdulillah atas perolehan prestasi di KSN-K 2021 ini yang mengeluarkan Darul Mursyid sebagai Juara Umum I atau sekolah penyumbang prestasi terbanyak yakni 18 siswa PDM menjadi utusan Tapsel untuk KSN Tingkat Provinsi nantinya,” ujar Ahmad Suhaeli.

Ke delapan belas siswa tersebut adalah Raihan Anugrah, Ridho Ginting dan Adrian Teguh utusan bidang Astronomi, Khairunnisa Fitri dan M Rizki Ferdiansyah utusan bidang Biologi, Fadlan Aulia, Fauzan Fadhil dan Fatwa Miranda utusan bidang Geografi, Aisyah Asma Nadia dan Tarisya Dwi Ananda Tanjung utusan bidang Kimia. Seterusnya Ismail Yusuf dan Alfarizi Pratama utusan bidang Kebumian, Radhitia Wicaksana dan Fitri Azzahra utusan bidang Ekonomi, Ahmad Rian Syaifullah dan Azwir Zainul Haq utusan bidang Informatika, M Thariq Aulia Rahman dan Azfa Riziq utusan bidang Matematika.

“Semoga Darul Mursyid juga mampu memberikan yang terbaik dengan perolehan medali nantinya demi nama baik Kabupaten Tapsel, nama Provinsi Sumut ke tingkat Nasional, sebagaimana pernah ditorehkan siswa-siswi PDM tahun 2014 dan 2015 lalu,” ucap Ahmad Suhaeli.

Dalam kesempatan berbeda Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, badan pengelola PDM menyampaikan rasa syukur, bangga dan harapannya atas pencapaian prestasi Darul Mursyid di KSN-K 2021 ini.

“Puji dan syukur kita yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT atas anugerah ini, Darul Mursyid kembali menjadi Juara Umum I pada KSN-K 2021. Kerja keras dan doa dari semua pengurus, pembina, pendidik dan pengasuh Darul Mursyid membuahkan hasil yang sangat patut kita syukuri,” tutur Jafar Syahbuddin.

Menurut Jafar, seluruh jajaran PDM tidak boleh berpuas diri sampai di sini karena kedepan persaingan akan semakin kompetitif.

“Saya berharap semoga prestasi ini menambah kesyukuran dan semangat kita untuk terus berprestasi di bidang sains. Darul Mursyid harus tetap mempertahankan konsistensi prestasi sainsnya dimasa-masa yang akan datang,” harap Jafar.

Pria lulusan S3 USM Penang Malaysia ini juga berharap agar Darul Mursyid bisa mengharumkan nama Kabupaten Tapsel, nama pesantren di kancah olimpiade sains di tingkat provinsi dan nasional nantinya.

“Selamat dan sukses untuk seluruh siswa/i yang ikut berperan serta dalam KSN-K tahun 2021 ini,” pungkas Jafar.

Sesuai dengan tema KSN-K Tahun 2021 yaitu “Melejitkan Talenta Emas Indonesia” Jafar berharap, siswa-siswi PDM yang berjuang dalam KSN-K ini bisa mencapai hasil dan prestasi yang maksimal, bisa lolos ke KSN tingkat Nasional dan Internasional.

“Ikhtiar secara lahir dan batin telah kami lakukan, ditambah dukungan doa dari semua bapak/ibu guru, saya yakin anak didik kita mampu mencapainya,” tandas Jafar mengakhiri. (Borneo)