Kopri PC PMII Psp-Tapsel Sukses Laksanakan SKK se-Sumatera

Kopri PC PMII Psp-Tapsel Sukses Laksanakan SKK se-Sumatera

08/07/2021 0 By Redaktur 1

PADANGSIDIMPUAN I Lembaga Semi Otonom Korps PMII Putri Pengurus Cabang PMII Padangsidimpuan-Tapanuli Selatan (Kopri PC PMII Psp-Tapsel) sukses melaksanakan Sekolah Kader Kopri (SKK) se-Sumatera di Pia Hotel Padangsidimpuan tanggal 2-5 Juli 2021.

Pelaksanaan SKK bertemakan “Kopri Pelopor Kemajuan Perempuan” ini tetap mengikuti protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Fatirrahma Hanifa selaku Tim Kaderisasi Kopri PB PMII, Ketua Kopri PKC PMII Sumut Imelda Siska Siregar, Ketua PC Nahdlatul Ulama (NU) Kota Padangsidimpuan Misbahuddin Nasution, serta lainnya.

Ketua PC NU Kota Padangsidimpuan Misbahuddin Nasution dalam sambutannya menyatakan, Kopri PMII adalah cikal bakal penerus Badan Otonom Nahdlatul Ulama dibidang keperempuanan kedepan, sehingga diharapkan akan melahirkan tokoh perempuan yang telah tangguh dalam situasi dan kondisi apapun.

Ketua Kopri PC PMII Psp-Tapsel Miranda Nasati Pohan mengatakan, kegiatan SKK ini adalah jenjang kaderisasi formal di PMII yang harus diikuti oleh kader perempuan PMII.

“Karena setelah mengikuti kaderisasi formal ini peserta diharapkan akan menjadi pionir bagi kader Kopri di daerah masing-masing,” ujar Miranda Nasati Pohan.

Miranda mengemukakan, keterlibatan perempuan dalam sejarah bangsa Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Seperti yang sudah diketahui bersama tokoh perempuan pra kemerdekaan Indonesia yaitu Raden Ajeng Kartini yang hingga sekarang melekat di hati masyarakat Indonesia.

“Berangkat dari hal itu maka perempuan Indonesia terkhusus kader PMII harus mampu mengisi kemerdekaan yang sudah ada sekarang,” cetus Miranda.

Dalam pembukaan SKK, Miranda dalam pidatonya juga menyampaikan bahwa setiap perempuan harus mampu menjawab tantangan zaman modern di era 4.0 sehingga tidak hanya bertugas di dapur dan di kamar seperti mindset selama ini yang melekat pada perempuan. Selain daripada itu, perempuan mempunyai hak yang sama.

“Oleh karena itulah Kopri PMII hadir ditengah masyarakat untuk mengingatkan kepada kaum perempuan akan hak itu,” tandasnya.

Usai pelaksanaan SKK ini sebut Miranda, Kopri PC PMII Psp-Tapsel akan menerbitkan rekomendasi untuk disampaikan kepada Pemko Padangsidimpuan dan Pemkab Tapsel bahwa pada situasi pandemi Covid-19 ini, peran perempuan dalam memutus mata rantai Covid-19 harus di kampanyekan di Bumi Dalihan Natolu dan sekitarnya.

Sebelumnya Ketua Panitia SKK Henni Siregar dalam laporannya menyebutkan, kegiatan SKK juga dihadiri perwakilan dari Cabang Pekanbaru dan seluruh Cabang PMII Sumut sehingga menambah aset kader Kopri intelektual di Sumatera yang akan menjadi pelopor perubahan terhadap isu sosial dan peduli akan rakyat miskin kota, rakyat miskin desa serta kaum buruh. (Rel/Borneo)