Siswa Pesantren Darul Mursyid Melaju ke Tingkat Nasional Kompetisi Sains Ruangguru 2021

Siswa Pesantren Darul Mursyid Melaju ke Tingkat Nasional Kompetisi Sains Ruangguru 2021

13/08/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Siswa Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara (Sumut) kembali torehkan prestasi dengan melaju ke Tingkat Nasional pada Kompetisi Sains Ruangguru Tahun 2021.

Itu setelah siswa PDM atas nama Fauzan Fadil lolos sebagai Top 1 di Tingkat Regional untuk Sumut.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Darwis Simbolon mengatakan, Kompetisi Sains Ruangguru ini diadakan sebagai wadah untuk mencari bakat dan menggali potensi siswa-siswi yang diikuti SMA-sederajat dari seluruh Indonesia.

Darwis menjelaskan, dalam Kompetisi Sains Ruangguru Tahun 2021 ini ada dua tahap yang harus dilalui peserta yaitu Tingkat Regional dan Nasional.

“Alhamdulillah siswa kami atas nama Fauzan Fadil lolos sebagai Top 1 di Tingkat Regional untuk Sumut,” ujar Darwis, Kamis (12/8/2021).

Darwis menyebutkan, Pesantren Darul Mursyid hanya mengikuti bidang Geografi saja.

“Peserta yang lolos Tingkat Regional dari Sumut hanya 2 orang dan siswa kami berhasil meraih Terbaik Satu,” terang Darwis.

Peserta yang lolos Tingkat Regional akan bertanding lagi di Tingkat Nasional pada 17 Agustus 2021 mendatang untuk memperebutkan 60 medali seluruh Indonesia.

“Mohon do’a dan dukungan dari semuanya agar nanti siswa kami bisa membawa hasil terbaik pada kompetisi ini,” tutur Darwis.

Direktur PDM Yusri Lubis menyampaikan dukungannya dan berharap dengan adanya Kompetisi Sains Ruangguru ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan kedepan. Dengan mengikuti Kompetisi Sains Ruangguru, para siswa PDM diharapkan bisa menambah wawasan dan pengalaman sehingga memperoleh ilmu pengetahuan yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Kita akan terus beri dukungan untuk pencapaian prestasi sains agar Pesantren Darul Mursyid tetap eksis sebagai pusat kejayaan sains Islam,” pungkas Yusri.

Terpisah Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, badan pengelola PDM juga mendukung sekaligus mendo’akan agar Fauzan Fadil bisa lolos pada Tingkat Nasional nanti sehingga prestasi sains PDM terus bertambah.

“Kita tidak akan pernah berhenti mengukir sejarah untuk perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dengan menghasilkan prestasi-prestasi sains di Tingkat Regional, Nasional sampai Internasional,” tegas Jafar alumni S3 USM Malaysia ini. (Borneo)