Wujudkan Pelayanan Prima, Imigrasi Sibolga Selenggarakan Pelatihan Bersama BPJS Ketenagakerjaan Sibolga

Wujudkan Pelayanan Prima, Imigrasi Sibolga Selenggarakan Pelatihan Bersama BPJS Ketenagakerjaan Sibolga

30/08/2021 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi pegawai dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat baik WNI maupun WNA, Kantor Imigrasi Sibolga Kanwil Kemenkumham Sumut bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Sibolga menyelenggarakan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima, di Ruang Pelayanan Kantor Imigrasi Sibolga, Kamis (26/8/2021).

Kegiatan Pelatihan diselenggarakan seusai jam pelayanan berakhir dan diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Sibolga dan dari pegawai BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Maryanto Purba dan Silvia Yunita Dewi.

Kegiatan pelatihan tersebut dipandu langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang.

Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang menyampaikan, pelayanan prima merupakan usaha yang dilakukan oleh seseorang maupun instansi dalam memberikan yang terbaik bagi para pengguna layanannya. Khususnya bagi instansi, pelayanan prima sangat penting untuk diterapkan agar masyarakat sebagai pengguna layanan instansi memiliki kepuasan akan layanan yang diterimanya. Salah satu penerapan pelayanan prima yang harus menjadi perhatian ialah cara petugas instansi dalam menghadapi masyarakat ketika datang untuk menggunakan layanan.

“Apa yang dilakukan setelah jam kerja usai?. Apakah langsung pulang atau nongkrong manis? Nah, beda dengan Imigrasi Sibolga. Kami memanfaatkan waktu dengan mengikuti pelatihan pelayanan prima untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi kami,” terang Saroha Manullang saat membuka kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima, di Ruang Pelayanan Kantor Imigrasi Sibolga, Kamis (26/8/2021).

Kepala Kantor Imigrasi Sibolga juga sangat mengapresiasi kesediaan BPJS Ketenagakerjaan Sibolga untuk menyampaikan materi pelatihan pada kegiatan ini.

“Seperti yang kita ketahui, BPJS Ketenagakerjaan merupakan instansi yang punya pengalaman dalam pelayanan publik, semoga pada kegiatan ini, para bapak ibu dari BPJS Ketenagakerjaan dapat membagikan pengalamannya dalam melayani masyarakat,” ucap Saroha.

Sementara itu, Maryanto Purba dari BPJS Ketenagakerjaan Sibolga dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran BPJS Ketenagakerjaan Sibolga tidak untuk menggurui peserta In House Training, akan tetapi ingin saling berbagi pengalaman dalam melayani para masyarakat yang datang ke kantor.

“Kami mengharapkan para pegawai Kantor Imigrasi Sibolga dapat saling berbagi pengalaman dengan dalam hal pelayanan publik,” kata Maryanto Purba.

Selanjutnya, Pemateri Silvia Yunita Dewi yang memiliki pengalaman sebagai frontliner yang dalam tugasnya berhadapan langsung dengan masyarakat, memberikan materi mengenai pentingnya penerapan Budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa) serta cara berkomunikasi yang humanis kepada masyarakat sebagai pengguna layanan.

Usai penyampaian materi, dilanjutkan dengan kegiatan sesi tanya jawab dari pegawai Kantor Imigrasi Sibolga.

Pada kesempatan tersebut, pemateri langsung mempraktikkan penerapan budaya pelayanan prima lewat kegiatan simulasi dengan mengajak salah satu pegawai Kantor Imigrasi Sibolga yakni Periseuein Forney Zega untuk berperan sebagai masyarakat.

Bersama Periseuein Forney Zega, Silvia mempraktikan langsung bagaimana cara melayani, cara memberi informasi, cara menangani pengaduan, serta cara untuk memberikan solusi tahap awal dengan sangat baik. Hal ini diperhatikan dengan antusias oleh seluruh peserta pelatihan.

Diakhir simulasi, Silvia memberikan tips dan trik bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat baik warga negara indonesia maupun warga negara asing.

Kegiatan ini berlangsung lancar dan sukses. Konsep kegiatan yang berlangsung santai dan diselingi canda tawa namun serius sehingga materi serta praktek yang diberikan dapat lebih cepat diserap oleh seluruh perserta pelatihan.

Kegiatan ditutup dengan penyampaian ucapan terimakasih dari Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang atas simulasi yang telah diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Sibolga dan berharap dapat terus menjalin kerjasama dan kolaborasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. (Freddy A Pardosi)