Pimpinan DPRD Sibolga Dukung Aksi Demo Nelayan di Sejumlah Daerah Tolak PP 85 Tahun 2021

Pimpinan DPRD Sibolga Dukung Aksi Demo Nelayan di Sejumlah Daerah Tolak PP 85 Tahun 2021

04/10/2021 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Pimpinan Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori yang juga Koordinator Komisi II, mendukung aksi demo yang dilakukan para nelayan di sejumlah daerah diantaranya Bali, Jawa dan Kalimantan untuk menolak diberlakukannya PP Nomor 85 Tahun 2021 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), beberapa waktu yang lalu.

“Dengan diberlakukannya PP Nomor 85 Tahun 2021 maka akan ada kenaikan tarif PNBP hingga 400 persen yang dinilai memberatkan nelayan, sementara saat ini masih kondisi pandemik Covid-19, belum lagi adanya kebijakan-kebijakan yang menghambat diantaranya pengurusan perizinan yang sulit,” ucap Jamil saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/10/2021).

Masih kata Jamil, seharusnya dengan kondisi saat ini, ada kebijakan yang meringankan diantaranya subsidi atau kemudahan kepada nelayan sehingga nelayan terbantu.

“Bayangkan saja, misalnya pembelian mobil diberikan subsidi berupa keringanan suku bunga tanpa DP, tapi mengapa nelayan yang belum pasti mendapatkan ikan di laut, dinaikkan PNBPnya,” katanya.

Jamil juga menyampaikan, bukankah nelayan itu adalah salah satu yang mendukung sektor pembangunan di Indonesia. Oleh karenanya nelayan seharusnya didukung dengan memberikan kemudahan kepada nelayan diantaranya perkecillah PNBP dan pungutan-pungutan yang lainnya, sehingga nelayan dapat bersaing dan berkembang.

“Kepada Menteri Kelautan dan Perikanan yang diberikan kepercayaan oleh Pak Jokowi agar membantu nelayan dengan memberikan kemudahan dengan penerapan regulasi dan kebijakan-kebijakan yang tidak membebani nelayan se-Indonesia dan khususnya nelayan di Sumatera Utara agar terjadi peningkatan ekonomi,” ucapnya. (red)