Pesantren Darul Mursyid Rebut 12 Medali Emas, 3 Perak dan 6 Perunggu pada Posi Science Competition 2021

Pesantren Darul Mursyid Rebut 12 Medali Emas, 3 Perak dan 6 Perunggu pada Posi Science Competition 2021

06/10/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Siswa Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) kembali menorehkan prestasi luar biasa dengan merebut 12 medali emas, 3 perak dan 6 perunggu pada ajang olimpiade Posi Science Competition (PSC) Tingkat Nasional Tahun 2021 yang digelar secara daring tanggal 19 September 2021 lalu.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Darwis Simbolon mengatakan, olimpiade PSC adalah kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Posi Member Area untuk memfasilitasi para pelajar tingkat SD, SMP/MTs, SMA/MA, mahasiswa/i dan Guru se-Indonesia untuk terus berprestasi. Juga sebagai sarana untuk menguji kemampuan di bidang sains pada level-level tertinggi.

Darwis menggambarkan, sejumlah sekolah-sekolah ternama di Indonesia yang mengikuti PSC ini, seperti SMAS Islam Plus Adzkia, SMAS Al Fityan, MAN Pematang Siantar, SMAN 2 Balige, MAN 1 Madina, SMAS Nasional Plus Cintabudaya Medan, SMAN 1 Purbalingga, SMAN 1 Sukapura, SMAN 1 Sambas, SMAN 1 Cibinong, SMAN 1 Manyar, SMAN 2 Magetan, SMAN 03 Jateng, SMAN 10 Depok, MAN 2 Kota Makassar, MAN IC Gowa, MAN 2 Banjar, serta sekolah lainnya dari seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, siswa PDM yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Provinsi Sumut ini berhasil merebut 21 medali terdiri dari 12 emas, 3 perak dan 6 perunggu,” ujar Darwis, Senin (4/10/2021).

Rinciannya yaitu tingkat SMA/MA bidang Kebumian atas nama Ismail Yusuf meraih medali emas, Sopi Aura dan M. Alfarizi Pratama masing-masing medali perunggu. Bidang Astronomi atas nama Raihan Anugrah meraih emas dan Adrian Teguh medali perak. Bidang Geografi atas nama Fadhlan Aulia, Fauzan Fadhil Sinambela dan Mhd. Al-Rafi Nasyah masing-masing meraih medali emas, Fatwa Miranda medali perak, M. Shaleh Sitompul dan Faisal Abbas masing-masing medali perunggu. Bidang Komputer atas nama M. Sayeed Abdullah, Ahmad Rian Syaifullah dan Azwir Zaiul Haq masing-masing meraih medali emas serta Marsel Alpathoni medali perak. Bidang Ekonomi atas nama Radhitiya Wicaksana meraih emas. Bidang Biologi atas nama Khairil Anhar dan Khairunnisa Fitri masing-masing meraih perunggu. Bidang Kimia atas nama Aisyah Asma Nadia dan Tarisya Dwi Ananda Tanjung masing-masing meraih emas.

Pada tingkat SMP/MTs bidang Matematika atas nama Fadhli Fahlevi Muhammad meraih medali emas.

Direktur PDM Yusri Lubis menyampaikan kesyukurannya atas raihan prestasi gemilang pada PSC tahun ini.

“Alhamdulillah, deretan prestasi siswa PDM terus bertambah pada ajang olimpiade-olimpiade Nasional yang tentunya akan berdampak positif untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid. Prestasi ini harus terus dipertahankan dan diperjuangkan untuk kemajuan Islam dan PDM. Maju terus PDM, Insya Allah kita akan terus berjuang demi kejayaan Islam,” ucap Yusri Lubis.

Yusri juga mengungkapkan terima kasih atas do’a dan dukungan semua komponen PDM untuk keberhasilan ini.

“Kita do’akan semoga siswa kita terus menjadi pengukir sejarah prestasi sains yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negeri tercinta ini,” pungkas Yusri.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, badan pengelola PDM menyampaikan apresiasi atas prestasi ini.

“Selamat untuk para siswa kami yang telah meraih medali pada olimpiade PSC Tingkat Nasional 2021. Ini adalah prestasi yang dihasilkan atas kerja sama yang baik. Namun bukan berarti kita sudah puas, masih banyak lagi tugas PDM ke depan untuk meraih prestasi serta konsisten dalam mewujudkan Pesantren Darul Mursyid sebagai pusat kejayaan sains Islam di Sumatera Bagian Tenggara,” tutur Jafar alumni S3 USM Malaysia ini. (Borneo)