Guru Darul Mursyid Wisudawan Terbaik Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan Angkatan XIV Tahun 2021

Guru Darul Mursyid Wisudawan Terbaik Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan Angkatan XIV Tahun 2021

08/10/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Asep Safa’at Siregar, guru Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) raih prestasi sebagai wisudawan terbaik I Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan Angkatan XIV Tahun 2021.

Pesantren Darul Mursyid yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan terus mendorong program Pascasarjana bagi guru yang dimulai sejak beberapa tahun lalu.

Kepala Divisi SDM dan Personalia Pesantren Darul Mursyid Husnil Walad mengatakan, hingga saat ini sudah 6 guru PDM yang mengikuti program Pascasarjana ini. Keenamnya adalah Mora Tua Naibaho alumni Universitas Harapan Medan, Husnil Walad MPd alumni Pascasarjana UNIMED, Ali Ibrahim Siregar MPd dan Ahmad Suhaeli Pulungan MPd alumni Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan, Darwis Simbolon MPd alumni Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar dan terakhir Asep Safa’at Siregar MPd alumni Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan.

Pada tahun ini, terang Husnil Walad, ada 3 orang guru Pesantren Darul Mursyid yang sedang kuliah di Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan, yaitu Sri Jumiati, Arzun Arifin Lase dan Suharman.

“Alhamdulillah, pada tahun ini kami mendapat informasi valid bahwa guru Pesantren Darul Mursyid atas nama Asep Safa’at Siregar MPd berhasil meraih prestasi sebagai wisudawan terbaik I angkatan XIV tahun 2021. Kemudian pada wisuda sebelumnya juga sudah ada 2 guru kami yang mendapat peringkat sebagai wisudawan terbaik di tempat mereka kuliah, yakni Ali Ibrahim Siregar MPd wisudawan terbaik II tahun 2017 di Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan dan Darwis Simbolon peringkat cumlaude pada Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar tahun 2019,” beber Husnil.

Direktur Pesantren Darul Mursyid Yusri Lubis juga mengatakan, program Pascasarjana untuk guru ini adalah konsekuensi bagi Pesantren Darul Mursyid sebagai lembaga pemberdayaan umat. Semua personilnya harus bisa menjadi yang terbaik untuk memberikan pembelajaran dan pelayanan pendidikan serta mampu memberikan pemberdayaan umat.

“Insya Allah kami akan terus mendukung untuk keberlangsungan program Pascasarjana ini. Semua guru akan kami gilir nantinya melanjut di Pascasarjana, bahkan targetnya semua guru dan karyawan, terutama yang berhubungan dengan manajemen Pesantren Darul Mursyid harus siap melanjutkan pendidikannya kepada yang lebih tinggi. Soal pembiayaan, walaupun tidak semuanya tapi Pesantren Darul Mursyid akan berusaha membantu demi kemajuan pendidikan di pesantren ini,” pungkas Yusri.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, badan pengelola PDM juga memberikan apresiasi dan dukungan terhadap program ini.

“Selamat kepada saudara Asep Safa’at Siregar MPd yang telah meraih prestasi sebagai wisudawan terbaik I angkatan XIV tahun 2021 di Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan. Ini tentu membawa nama baik bagi Pesantren Darul Mursyid,” ucap Jafar Syahbuddin.

Jafar menyatakan, program untuk melanjutkan pendidikan ke Pascasarjana ini bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga mampu untuk mengimbangi persaingan dalam dunia pendidikan.

“Kita tidak akan berhenti untuk kemajuan pendidikan. Pesantren Darul Mursyid harus terus melakukan inovasi-inovasi sekaligus pembaharuan demi tercapainya tujuan yaitu menjadi pusat kejayaan sains dan peradaban Islam di Sumatera Bagian Tenggara tahun 2023 nanti,” tutur Jafar alumni S3 USM Malaysia ini. (Borneo)