Penyerahan SK dan Stempel untuk Pengurus DHR ’45 Kecamatan Sibolga Utara

Penyerahan SK dan Stempel untuk Pengurus DHR ’45 Kecamatan Sibolga Utara

09/10/2021 0 By Redaktur 2

Penyerahan SK dan Stempel untuk Pengurus DHR ’45 Kecamatan Sibolga Utara

 

Sibolga, Metro24

Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan ’45 Kota Sibolga Parater Sihite, S.Pd didampingi para pengurus yakni wakil Ketua Anggiat Sitinjak, Sekretaris Abdulrahim Parinduri, wakil bendahara Aprisanta Hutauruk menyerahkan SK dan Stempel untuk Pengurus Dewan Harian Ranting (DHR) ’45 Kecamatan Sibolga Utara yang dipimpin oleh Ketua Nikson Sitinjak, Sekretaris Meli Wulandari, wakil sekretaris Intan Rahmadina, Bendahara Ujuan Siringoringo, wakil Bendahara Togar Siringoringo Sabtu (9/10/21). Di Kantor Sekretariat DHR ’45 Jalan Mawar Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara.

 

Dalam sambutannya, Ketua DHC ’45 Kota Sibolga Parater Sihite, S.Pd mengucapkan selamat kepada para pengurus DHR ’45 Kecamatan Sibolga Utara yang saat ini menerima SK dan juga stempel dari pengurus DHC ’45. Berharap para pengurus DHC ’45 dapat langsung bekerja dan berkarya di kota Sibolga khususnya Kecamatan Sibolga Utara.

Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan ’45 Kota Sibolga Parater Sihite, S.Pd didampingi para pengurus yakni, Sekretaris Abdulrahim Parinduri, wakil bendahara Aprisanta Hutauruk menyerahkan SK dan Stempel untuk Pengurus Dewan Harian Ranting (DHR) ’45 Kecamatan Sibolga Utara yang dipimpin oleh Ketua Nikson Sitinjak, Sabtu (9/10/21). Di Kantor Sekretariat DHR ’45 Jalan Mawar Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara.

 

Parater Sihite juga menyempatkan dirinya untuk sekilas membacakan sejarah dan defenisi angkatan 45.

 

 

“Angkatan’45 terdefinisi sebagai angkatan pejuang pelaku sejarah perjuangan proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945. Yang berjuang mempertahankan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang pada tahun 1945 masih belum diakui oleh Belanda. Empat tahun kemudian, di tahun 1949 barulah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia tgl 17 Desember 1949 di Denhag Negeri Belanda. Enam tahun Kemudian, pada tahun 1955, Indonesia menyelenggarakan pemilihan umum yang pertama. Dewan konstituante yang terbentuk menjadi Dewan legislatif bersidang di Bandung. Pada pembukaan UUD 1945 dimunculkan wacana wacana yang akan menimbulkan perpecahan. Pada 5 juli 1959 keluar dekrit presiden yang mengatakan agar kembali by pada UUD 1945. Pada tanggal 20 Maret 1960, Bung Karno mendirikan organisasi angkatan’45 tujuannya mengawal proklamasi 17 Agustus 1945 kemerdekaan RI tetap pada arah tujuan yang dikonsepkan para pendiri bangsa. Bendera Merah Putih, lagu Indonesia Raya, NKRI, Sumpah Pemuda, Bhineka tunggal Ika, Jiwa semangat nilai juang 1945,” papar Parater Sihite, S.Pd.

Ketua DHC ’45 kota Sibolga Parater Sihite saat memberikan arahan dan bimbingan kepada seluruh 3BPK ’45 kota Sibolga

 

Parater Sihite, S.Pd juga mengingatkan kepada seluruh anggota dan pengurus Organisasi DHC ’45 agar tetap menanamkan jiwa jiwa juang 1945 hingga kepada anak cucu. Bahwa era globalisasi saat ini ditandai dengan semakin derasnya arus informasi dan nilai-nilai kehidupan asing. Sehingga, ditengarai akan mengikis semangat cinta tanah air di kalangan generasi muda. Oleh sebab itu, para generasi muda perlu dibentengi dengan semangat cinta tanah air.

 

 

Menurutnya, generasi muda juga harus tahu dan mewarisi semangat kejuangan para pahlawan kemerdekaan yang mempertaruhkan darah dan nyawanya,sehingga nilai-nilai kejuangan menghargai sejarah harus terus diterapkan.

 

“Nilai nasionalisme dan kejuangan tidak datang serta merta, harus ditanamkan sejak dini mulai dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi, agar para generasi muda dapat memahami jalan perjuangan bangsa menuju kemerdekaan, sehingga dapat menghargai bangsa dan jasa pahlawan, serta terhindar dari hal-hal negatif. Nilai kejuangan tidak akan habis dan harus disebarkan serta dialirkan ke generasi muda, karena perkembangan zaman sekarang mengarah kepada materialistis dan individualistis,” terang Parater Sihite.

 

Dituturkannya, pemuda hendaknya harus berjiwa pantang menyerah. Di era globalisasi seperti sekarang ini, pemuda harus mampu bersaing dan menjadi pemuda yang tangguh.

 

“Kami berharap, generasi muda saat ini untuk mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif. Kami juga berpesan kepada generasi muda agar meresapi nilai-nilai kebangsaan dalam rangka mengisi kemerdekaan untuk tidak terjerumus pada perpecahan yang dihembuskan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, mereka harus mengetahui akan sejarah perjuangan terbentuknya NKRI yang dilakukan oleh para pejuang karena dengan mengetahui sejarah perjuangan kemerdekaan, maka generasi penerus akan dapat membangun negeri ini dengan sebaik-baiknya,” jelas Parater Sihite.

 

Ketua DHR ’45 Kecamatan Sibolga Utara, Nikson Sitinjak, menyampaikan banyak terimakasih kepada para pengurus DHC ’45 kota Sibolga atas kepercayaan kepada para pengurus DHR ’45 terpilih untuk menjalankan roda organisasi BPK ’45 khususnya di kecamatan Sibolga Utara.

 

Turut hadir dalam acara tersebut wakil sekretaris 1 Marihot Siringoringo, A.Md, wakil Sekretaris 2 Suaduran Sihombing Ketua Biro sosial dan budaya Heriani Damanik, Ketua Biro Infokom Petrus Gulo, Anggota Infokom Mardian Panggabean, Anggota Hankam Tiur Mina Panjaitan. (Petrus)

 

Keterangan foto:

Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan ’45 Kota Sibolga Parater Sihite, S.Pd didampingi para pengurus yakni, Sekretaris Abdulrahim Parinduri, wakil bendahara Aprisanta Hutauruk menyerahkan SK dan Stempel untuk Pengurus Dewan Harian Ranting (DHR) ’45 Kecamatan Sibolga Utara yang dipimpin oleh Ketua Nikson Sitinjak, Sabtu (9/10/21). Di Kantor Sekretariat DHR ’45 Jalan Mawar Kelurahan Sibolga Ilir Kecamatan Sibolga Utara