Nilai Akreditasi MA Pesantren Darul Mursyid Tertinggi se-Indonesia

Nilai Akreditasi MA Pesantren Darul Mursyid Tertinggi se-Indonesia

01/11/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Madrasah Aliyah (MA) Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) mendapat peringkat akreditasi tertinggi se-Indonesia.

“Alhamdulillah, pada tahun 2021 Pesantren Darul Mursyid dinyatakan telah memenuhi syarat assessment kecukupan sekolah, dan berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan oleh BAN-S/M Provinsi dengan Nomor : 266/BAN-SM/PROVSU/LL/VIII/2021 pada tanggal 28 Agustus 2021, tim asesor terdiri dari Sri Nurhayati dan Selvie Sianipar ST MT melakukan visitasi di Pesantren Darul Mursyid secara daring selama 2 hari yaitu pada tanggal 3-4 September 2021,” ujar Kepala MA PDM Irmawan Mukmin, Senin (1/11/2021).

Lebih lanjut Irmawan menjelaskan, kegiatan visitasi dilakukan melalui observasi lapangan, observasi kelas dan wawancara dengan warga madrasah secara daring dalam rangka verifikasi serta validasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh madrasah melalui instrumen akreditasi.

Kegiatan visitasi juga melibatkan komite sekolah, masyarakat, alumni serta komponen lain yang berkaitan dengan pelaksanaan visitasi.

“Dan berdasarkan data resmi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah, setidaknya ada 1.745 sekolah yang terdiri dari SD, MIN, SMP, MTs, SMA, SMK dan MA di seluruh Indonesia yang sudah di visitasi pada tahun 2021. Adapun hasilnya sesuai Surat Keputusan Nomor : 999/BAN-SM/SK/2021 tanggal 19 Oktober 2021, MA Pesantren Darul Mursyid mendapat peringkat A dengan nilai Akreditasi 99. Hasil visitasi ini sekaligus menunjukkan bahwa Pesantren Darul Mursyid mendapat nilai Akreditasi tertinggi se-Indonesia,” tegas Irmawan.

Irmawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim asesor yang telah melakukan verifikasi, klarifikasi dan konfirmasi serta masukannya terhadap MA Pesantren Darul Mursyid untuk kedepannya.

Direktur PDM Yusri Lubis merasa sangat senang dan berterima kasih kepada tim.

“Terima kasih kepada tim MA Pesantren Darul Mursyid yang telah mampu melewati segala perubahan dan sistem baru dalam penilaian akreditasi tahun ini. Kita yakin dengan dukungan fasilitas pembelajaran, mutu guru dan alumni yang berhasil serta dukungan dari manajemen yang baik dalam pengelolaan madrasah, tentu akan memudahkan kita mendapat nilai yang terbaik hingga saat ini kita berhasil menjadi yang tertinggi se-Indonesia,” pungkas Yusri.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, pembina Pesantren Darul Mursyid sangat mengapresiasi atas pencapaian nilai akreditasi yang sangat memuaskan ini.

Jafar juga menegaskan, dengan pencapaian nilai akreditasi tertinggi se-Indonesia, menunjukkan bahwa Pesantren Darul Mursyid konsisten dalam meraih prestasi dari semua sisi kemajuan.

“Terlebih saat ini Pesantren Darul Mursyid sebagai lembaga pemberdayaan umat, sudah seharusnya bisa menjadi tolak ukur kemajuan pendidikan di negeri tercinta ini,” tutur Jafar, sosok pemimpin yang sangat berkarismatik ini. (Borneo)