3 Siswa Pesantren Darul Mursyid Raih Prestasi KSM Tingkat Nasional 2021

3 Siswa Pesantren Darul Mursyid Raih Prestasi KSM Tingkat Nasional 2021

03/11/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Tiga siswa Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) sukses meraih prestasi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2021.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Darwis Simbolon mengatakan, KSM adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

“Alhamdulillah, setelah melalui beberapa tahapan, mulai dari sekolah, tingkat regional, dan tingkat nasional yang dilaksanakan pada 23-24 Oktober 2021, 3 orang siswa kita sukses meraih medali,” ujar Darwis Simbolon, Rabu (3/11/2021).

Ketiga siswa yaitu pada bidang Matematika atas nama M. Thariq Aulia Rahman Lubis meraih medali Perunggu, bidang Biologi atas nama Khairunnisa Fitri Nasution meraih medali Perunggu dan bidang Kimia atas nama Aisyah Asma Nadia Hasibuan meraih medali Perunggu.

“Terima kasih atas dukungan dan do’a dari Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) bapak Jafar Syahbuddin Ritonga DBA selaku pembina Pesantren Darul Mursyid, Direktur dan para Wakil Direktur PDM, serta seluruh komponen Pesantren Darul Mursyid. Semoga prestasi ini bisa membawa keberkahan kepada kemajuan sains Islam dan Pesantren Darul Mursyid,” pungkas Darwis.

Direktur PDM Yusri Lubis merasa bersyukur atas prestasi yang diraih siswa-siswi PDM yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) ini.

Yusri menjelaskan, tingkat persaingan yang semakin tinggi pada KSM justru harus menjadi tantangan baru bagi PDM untuk mencetak para juara sains yang siap untuk berlomba pada level yang lebih tinggi.

“Semoga kita terus mengukir sejarah dengan menjadi siswa yang berprestasi dan memiliki karakter yang baik. Prestasi yang baik harus juga didukung dengan karakter yang baik agar kelak hidupnya bisa berimbang antara ilmu pengetahuan dan keimanan,” tutur Yusri.

Terpisah, Ketua Umum YASPENHIR Jafar Syahbuddin Ritonga juga mengaku sangat bersyukur atas prestasi ini.

“Prestasi pada KSM ini adalah wujud dari tujuan kita yaitu menjadi pusat kejayaan sains Islam. Prestasi ini juga harus terus kita perjuangkan sehingga tahun depan kita mendapat hasil yang terbaik,” ucap Jafar.

Jafar berharap kepada semua para pengasuh dan pendidik di Pesantren Darul Mursyid untuk mendukung sekaligus mendo’akan agar terus melakukan inovasi-inovasi pembelajaran sehingga lebih maju dan terdepan.

“Kita tidak akan pernah berhenti untuk mengejar prestasi asal masih bisa dijangkau. Lanjutkan untuk kemajuan umat Islam dan bangsa,” tandas Jafar alumni S3 USM Malaysia ini. (Borneo)